Sosial

Mengenal ISBI Aceh Dari Dekat

Mengenal ISBI Aceh Dari Dekat
ACEHTERKINI.COM| Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh yang berpusat di Kota Jantho, Ibukota Kabupaten Aceh Besar, kembali melaksanakan seleksi calon mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016 di Kota Jantho, Senin (27/7/2015).
Rektor ISBI Aceh, Dr Ahmad Akmal MPd kepada wartawan di sela-sela memantau seleksi calon mahasiswa baru tersebut menjelaskan, untuk tahun ini minat calon mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di ISBI Aceh sangat tinggi.
“Tahun 2014 lalu sebagai tahun awal ISBI Aceh berkiprah, ada 85 mahasiswa yang dididik. Sedangkan minat calon mahasiswa yang ikut seleksi tahun ini mencapai 100 orang lebih yang berasal dari 14 kabupaten/kota di Aceh,” jelasnya.
Ahmad menjelaskan, ISBI Aceh diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 6 Oktober 2014 lalu di Surabaya, Jawa Timur.
Hingga tahun akademik kedua ini, ISBI Aceh memiliki dua fakultas dengan 5 Program Studi (Prodi). Fakultas tersebut meliputi Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) dengan masing-masing Prodi Musik Nusantara, Prodi Seni Tari, dan Prodi Teater.
Sedangkan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) mempunyai Prodi Seni Murni dan Prodi Seni Kriya.
ISBI Aceh, tambah Ahmad Akmal, memiliki visi untuk mewujudkan lembaga pendidikan tinggi seni dan budaya yang menghasilkan insan akademis, kreatif, mandiri, berkepribadian, dan berkebudayaan Melayu.
Lulusan ISBI Aceh nantinya berpeluang bekerja di instansi pemerintah, dosen atau berwirausaha dengan membuka sanggar-sanggar seni, serta dapat menjadi seorang pendidik, pelatih, pencipta, pengembang, pembina, dan pengelola seni dan budaya.
Saat ini, menurut Rektor ISBI Aceh, para mahasiswa terus dipersiapkan SDM-nya untuk bisa berkompetensi dan mengembangkan diri serta memiliki semangat hidup kepada pengembangan pengetahuan dan karya seni budaya di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
Adapun kampus ISBI Aceh yang representatif direncanakan dibangun tahun 2016 mendatang di Kota Jantho dengan memanfaatkan lahan seluas 30 hektare. Dijelaskannya, selama ini dukungan dari Pemkab Aceh Besar sangat besar demi kemajuan ISBI Aceh.
Untuk lebih memotivasi mahasiswa, pada tahun akademik 2014/2015 lalu, seluruh mahasiswa memperoleh beasiswa dari Bidikmisi, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA).
Diharapkan, melalui adanya sejumlah beasiswa tersebut, prestasi mahasiswa akan terus meningkat dan kelak dapat memberikan kontribusi terbaik untuk daerah dan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. [Red]

To Top