Nasional

Mendagri Wajibkan Upacara Bendera Tiap Hari Senin di Sekolah

ACEHTERKINI.COM | Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan setiap hari senin di sekolah wajib melaksanakan upacara bendera. “Saya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan Nasional,” ujarnya dikutip dari laman Kemendagri, Sabtu (25/7/2015).

Tambahnya kebijakan ini diambil setelah pemerintah menemukan ada beberapa sekolah yang tidak melakukan upacara bendera. Akibatnya, siswa melupakan pentingnya menghormati Bendera Merah Putih sebagai simbol negara dan lupa lirik lagu Indonesia Raya.

“Kami sudah koordinasi dengan Mendiknas Anies Baswedan, pemda mulai dari pusat sampai kelurahan setiap Senin harus ada upacara bendera, penghormatan Merah Putih, nyanyi Indonesia Raya, baca teks Pancasila, pengarahan inspektur upacara,” jelas Tjahjo.

Mantan Sekjen PDIP ini akan membuat surat edaran agar upacara bendera ini wajib dilaksanakan tiap Senin. “‎Mendiknas setuju buat SE untuk SD, SMP, SMA, kejuruan semua harus upacara. Jangan sampai lupa Pancasila, lupa Indonesia Raya, lupa Merah Putih,” tandas Tjahjo. [red]

To Top