Nasional

Masjid dan Kios yang Dibakar di Tolikara Akan Diperbaiki

ACEHTERKINI.COM | Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta tim kementerian yang dipimpinnya Minggu (19/07/2015) ini bertolak ke Tolikara untuk bergabung dengan tim Kanwil Kemenag Provinsi Papua dan Kankemenag Kab. Tolikara.

“Saya instruksikan Dirjen Bimas Kristen, Kabalitbang-Diklat, dan tim pada ahad ini menuju Tolikara, bergabung dengan Kakanwil Papua dan Kakankemenag yang telah lebih dulu ada di sana,” terang Menag, Jakarta, Minggu (19/07/2015).

“Kemenag bersama ormas keagamaan, FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), dan tokoh masyarakat akan terus meningkatkan koordinasi guna menjaga dan memelihara kerukunan hidup umat beragama,” jelas Menag dikutip dari laman Kemenag RI.

Menteri Lukman menandaskan, bahwa dalam rapat koordinasi nasional Polhukam antara dirinya dengan Menkopolhukam, Kapolri, Kepala BIN, Dirjen Pol Kemendagri, dan Korsahli Panglima TNI, disepakati bahwa semua pihak, baik pemda, tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun aparat keamanan, telah bersepakat untuk membangun kebersamaan menuju kedamaian di Tolikara.

Untuk itu, lanjut Menag, pemerintah bersepakat untuk melakukan sejumlah langkah strategis sebagai berikut, Pertama, Pemerintah Pusat dan Daerah akan segera lakukan perbaikan masjid dan bangunan kios yang terbakar, serta merawat para korban kerusuhan. Kedua, POLRI akan melakukan penegakan hukum terhadap pelaku kerusuhan dan aktor intelektual di balik kerusuhan.

Dan ketiga, POLRI akan lakukan penyelidikan terhadap tindakan yang dilakukan oleh aparat keamanan, apakah sudah sesuai dengan prosedur.

Ditelusuri media ini, Bulan Sabit Merah Indonesia(BSMI) Kantor Cabang Wamena juga melakukan penggalangan dana untuk pembangunan masjid yang dibakar di Kabupaten Tolikara pada 1 Syawal 1436H atau 17 Juli 2015. Hingga Minggu, 19 Juli 2015 dana yang sudah terkumpul mencapai lebih kurang Rp150 juta lebih. [Red]

To Top