Pendidikan

Lembaga Donor Amerika Ini Kaji Ulang Program Pendidikan di Abdya

Lembaga Donor Amerika Ini Kaji Ulang Program Pendidikan di Abdya
Rapat Kaji Ulang Proram Pendidikan di Aceh Barat Daya

ACEHTERKINI.COM | Lembaga donor dari Amerika Serikat ini mengkaji ulang implementasi tiga program tentang pendidikan yang telah diterapkan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di sejumlah sekolah, guru hingga para siswa.

Tiga program yang telah diberikan yaitu, pemerataan dan penataan guru (PPG), pembelajaran, dan manajemen berbasis sekolah (MBS).

Tiga program tersebut diterapkan oleh USAID kepada 23 sekolah binaan yang berada di kabupaten setempat diantaranya, SD/MI15 sekolah, dan SMP/MTS 8 sekolah ditambah 30 orang fasilitator dari kalangan guru.

Muhibuddin, selaku Koordinator Governance and Management USAID Prioritas, Senin (6/7/2015) ketika mempresentasikan implementasi program USAID  di Aula Mesjid Komplek Perkantoran Abdya, mengatakan, pengkajian ulang itu erat hubungannya dengan monitoring dan evaluasi tiga program yang telah diberikan oleh lembaga tersebut.

“Jika tiga program itu berjalan dengan lancar, maka program untuk memajukan pendidikan di Abdya kemungkinan besar akan tetatp berlanjut,” ucapnya seraya mengatakan jika tidak berjalan dengan lancar dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, tentunya program ini tidak mungkin lagi berlanjut.

Disebutkan, sejak dua tahun terakhir USAID Prioritas masuk dan berkecimpung dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di Abdya, telah banyak perubahan yang dicapai. Seperti laporan PPG telah rampung 100 persen dan proses pemerataan guru telah mencapai 80 persen, pembelajarn, MBS hingga regulasi Perbup juga telah tuntas 100 persen.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Abdya, M Nafis A Manaf mengatakan, Pemkab Abdya sangat mendukung adanya program USAID Prioritas tersebut. Sebab, program yang bekerja sama dengan para guru, kepala sekolah, komite sekolah, para siswa hingga pihak Disdik Abdya telah berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan prestasi pendidikan yang baik.

Seperti menghadapi tantangan utama dalam penyediaan pemerataan akses pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan profesionalisme guru.

“Secara khusus Pemkab Abdya memberikan apresiasi kepada USAID Prioritas yang telah memberikan referensi kunstruktif dalam peningkatan mutu pendidikan di Abdya. Semoga program ini terus berlanjut, karena sangat membantu para siswa untuk bisa mengembangkan potensi terbaiknya serta membantu mereka dalam mendapatkan akses pendidikan berkelas dunia,” tutupnya. [Rizal]

To Top