Sosial

Janji-Janji Akan Diperbaiki, Warga Pertanyakan Kapan Jalan di Tangan-Tangan Dibangun

Janji-Janji Akan Diperbaiki, Warga Pertanyakan Kapan Jalan di Tangan-Tangan Dibangun
Kondisi Jalan di Gampong Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah warga Desa (Gampong) Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mempertanyakan kapan jalan desa mereka akan di Aspal. Pasalnya jalan sepanjang 700 meter tersebut sudah 6 tahun masih dalam janji-janji akan diperbaiki, namun sejauh ini masih terlihat berlubang dan berdebu.

Yakop warga Desa Mesjid, Senin (6/7/2015) mengatakan, kondisi badan jalan semakin hari kian memburuk, malahan sudah banyak pengendara sepeda motor yang terjatuh saat melintasi jalan itu.

“Katanya akan dibangun dalam tahun ini, tetapi belum juga ada tanda-tanda akan segera dibangun, apakah ditunda lagi tahun depan atau tahun selanjutnya,” kata Yakop.

Dikatakan Yakop, ratusan warga dari beberapa gampong mulai dari Gampong Pante Geulumpang, Gampong Mesjid menuju Gampong Padang Kawa termasuk warga Gampong Blangpadang turut melintas dijalan itu, namun kalau tidak di aspal, bila hujan berlumpur dan bila kering berdebu.

“Semakin hari kondisi jalan semakin rusak, kalau hujan tergenang air dan bila musim kemarau jalan akan berdebu,” ujarnya.

Untuk itu, tambah Yakop, selaku warga yang memang tinggal dipinggir jalan itu, meminta kepada Pemerintah agar segera mengaspal badan jalan itu, karena pada jalan gampong sebelumnya sudah diaspal, jalan ke Gampong Mesjid kondisinya cukup parah.

Hal yang sama juga diutarakan Keuchik Gampong Mesjid Hasanuddin, kalau jalan tersebut sudah sekian tahun terbengkalai dan tak kunjung diaspal, sudah berulang kali diusulkan tetapi realisasinya juga belum nampak. “Kita berharap jalan itu segera diaspal, karena masyarakat merasa kesusahan saat melintasi jalan tersebut,” katanya singkat.

Sementara itu, Camat Tangan-Tangan, T Ruslan Ahmad, mengaku, belum tahu pasti apakah jalan itu masuk kedalam daftar perencanaan atau tidak, namun pihaknya akan menanyakan kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya. “Nanti saya coba tanyakan kepada Dinas PU, apakah jalan itu jadi dibangun dalam tahun ini atau tidak,” singkatnya.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya, Rahwadi AR melalui Kabid Bina Marga, Fajri ST, mengatakan, tahun 2015 jalan tersebut jadi dibangun aspal hotmix, dengan panjang lebih kurang 700 meter.

Fajri juga menjelaskan kalau, jalan tersebut sedang dalam proses penyiapan dokumen untuk dilakukan tender. “Dipastikan dalam bulan Agustus jalan itu akan segera di bangun dengan paket Pengaspalan Hotmix Jalan Geulumpang Masjid,” terang Fajri singkat. (Rizal)

To Top