Sosial

Inilah Program Menekan Angka Kemiskinan di Aceh Utara

Inilah Program Menekan Angka Kemiskinan di Aceh Utara

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Aceh Utara terus berupaya menekan angka kemiskinan rata-rata dua persen per tahun, sehingga masyarakat daerah ini mampu melepaskan diri dari kemiskinan.

“Dengan program yang dirancang setiap tahun, seperti program pembedayaan masyakarat terus ditingkatkan oleh Pemerintah Aceh Utara untuk menurunkan angka kemiskinan,” kata Mansur, Kepala Bidang Pemeberdayaan Sosial, Bantuan dan Jaminan Sosial Aceh Utara, Kamis (23/7/2015).

Dengan program-program pemberdayaan dan penguatan ekonomi di Dinas Sosial Aceh Utara yang sedang berlangsung lima tahun terakhir ini, secara anggaran sudah mampu menekan angka kemiskinan 11 persen.

“Program-program pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan ini ada yang besumber dari APBN dan dari APBK, dengan sejumlah program ini sudah sangat mendorong Pemerintah Aceh Utara untuk terus berupaya menurunkan angka kemiskinan,” tambah Mansur.

Lebih lanjut Mansur mengatakan, karena dinilai sangat penting peran Dinas Sosial maka setiap tahunnya instansi pemerintah ini untuk menemukan inovasi baru guna membantu menyelesaikan masalah sosial di daerah yang menghasilkan minyak dan gas ini.

Selama ini yang sangat membantu menekan angka kemiskinan pada program fakir miskin dengan pola Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Pembangunan atau Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dinas Sosial Aceh Utara kata Mansur, terus melakukan evaluasi  untuk  dorong agar kegiatan itu lebih menekankan penguatan kelompok dan pendamping melalui kegiatan bimbingan lanjut, sehingga kelompok usaha masyarakat terus tumbuh sehingga angka kemiskinan terus menurun.

Sementara itu, data Badan Pusat Statistis (BPS) Aceh Utara mencatat, persentase kemiskinan di Kabupaten Aceh  menunjukkan angka kemiskinan mengalami penurunan disetiap tahunnya. Tahun 2013 angka kemiskinan di Aceh Utara 20,34 persen, pada 2012 (21,89 persen), 2011 (22,89 persen), 2010 (23,43 persen), dan 2009 (25,59 persen). [sp]

To Top