Sosial

Ini Lokasi Rukyat Awal Idul Fitri 1436 Hijriah di Aceh

Ini Lokasi Rukyat Awal Idul Fitri 1436 Hijriah di Aceh

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat (penetapan) awal bulan Syawal 1436H pada Kamis (16/07/2015) mendatang. Melalui mekanisme sidang itsbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan berakhirnya bulan Ramadlan dan kapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436H.

Dikutip dari laman Kemenag, Kamis (9/7/2015), sidang itsbat akan dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam di seluruh Indonesia, serta para duta besar negara sahabat. Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawwal 1436H.

Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.

“Sidangnya tertutup, sebagaimana itsbat awal Ramadlan. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang,”  terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muchtar Ali usai Rapat Persiapan Sidang Itsbat Awal Syawwal 1436H, Rabu (08/07/2015)

Kementerian Agama menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1436H di beberapa lokasi di seluruh provinsi Indonesia.

Di Provinsi Aceh, Kementerian Agama menetapkan lokasi Rukyat awal Syawal 1436H yaitu di Pantai Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, di Kota Sabang tepatnya di kawasan Nol Kilometer Sabang, di Calang Kabupaten Aceh Jaya, di kawasan Suak Geudebang Kabupaten Aceh Barat dan di Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan. [red]

To Top