Uncategorized

H-2 Lebaran, Kota Blangpidie Macet

H-2 Lebaran, Kota Blangpidie Macet

ACEHTERKINI.COM | Menjelang H-2 Hari Raya Idul Fitri 1436H, kondisi lalulintas di kawasan Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) macet, terutama jalan dalam pasar. Kepadatan lalulintas ini tidak hanya pada pagi hari, namun hingga malam masih terlihat ramai.

Kepadatan terjadi tidak hanya disebabkan banyaknya kendaraan pemudik, namun juga karena ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang digunakan masyarakat untuk belanja kebutuhan hari meugang dan lebaran yang terparkir terlihat tidak tertib.

Amatan dilapangan, Rabu (15/7/2015), antrian kendaraan mulai terlihat saat hendak memasuki kawasan kota dagang itu, seperti di Jalan Persada, Jalan Selamat, Jalan Sentral, Jalan H.Ilyas, Jalan At-Taqwa, Jalan Pendidikan  dan Jalan Kesehatan.
Tidak hanya di jalan, keramaian dan kepadatan kendaraan juga terjadi di kawasan Pasar Lama dan Pasar Baru, begitu juga dengan pasar tradisional yang berada dalam kawasan Blangpidie.

Kapolres Abdya, AKBP Hairajadi, SH melalui Kasatlantas, AKP Imam Syafii secara terpisah mengakui kondisi lalulintas di kawasan Kota Blangpidie semakin padat. Meskipun demikian, kondisi keamanan dan ketertiban di jalan raya masih terpantau aman.

“Arus lalulintas ramai lancar, meskipun sekali-kali terjadi kemacetan pendek yang diakibatkan ramainya pengguna jalan,” sebutnya.

“Dalam sepekan terakhir sudah mulai terlihat peningkatan jumlah kendaraan. Apalagi menjelang H-2 lebaran, arus lalulintas semakin padat oleh kesibukan masyarakat yang melakukan banyak persiapan jelang Idul Fitri,” paparnya.

Disebutkan, sepanjang terjadinya peningkatan arus mudik, baru satu kasus kecelakaan lalulintas yang terjadi, namun tidak menyebabkan korban jiwa.

Dihimbau untuk para pemudik yang pulang ke kampung halaman, agar benar-benar waspada selama arus mudik lebaran. Keteledoran pemudik bisa membawa bencana bagi diri sendiri ataupun orang lain. Seluruh pengguna jalan agar tetap waspada dengan keluar masuknya kendaraan di setiap persimpangan jalan.

“Kami menghimbau kepada para pemudik terutama yang menggunakan sepeda motor untuk selalu mentaati peraturan lalulintas. Hal itu disebabkan, saat ini kendaraan roda dua mendominasi kecelakaan yang sering terjadi,” imbuhnya. [Rizal]

To Top