Sosial

Dua Pelajar Abdya Ikut Jambore Internasional ke Jepang

Dua Pelajar Abdya Ikut Jambore Internasional ke Jepang
Ketua Kwarcab Pramuka Abdya, Erwanto SE MA (tengah) memberikan bimbingan kepada dua peserta Jambore Internasional utusan Abdya yang akan diberangkatkan ke Kirara-Ham, Provinsi Yamaguchi, Jepang

ACEHTERKINI.COM | Dua pelajar terbaik di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan diberangkatkan ke Kirara-Ham, Provinsi Yamaguchi, Jepang, dalam rangka mengikuti Jambore Internasional 23rd World Scout Jamboree.

Fatimah Dhea siswi SMA Unggul Harapan Persada dan M Andrian Rafiza siswa SMP Jabal Nurjadid akan berada di Jepang selama 10 hari, yakni mulai dari 28 Juli hingga 8 Agustus 2015 mendatang.

Ketua Kwarcab Pramuka Abdya, Erwanto SE MA, saat melepas kedua kontingen di Pendopo Wakil Bupati (Wabup) Abdya kemarin, menjelaskan, kedua peserta itu akan diberangkatkan dari kontingen yang berbeda,  Fatimah Dhea akan bergabung dengan kontingen Provinsi Aceh sedangkan M Andrian Rafiza akan bergabung dengan kontingen nasional di Jakarta sebagai perwakilan Provinsi Aceh.

“Abdya mendapatkan jatah untuk mengirimkan peserta terbaik, dikarenakan Abdya telah berhasil lolos sebagai juara umum dalam kompetisi penggalang se-Aceh,”ujar Erwanto didampingi Ketua Harian Kwarcab Pramuka Abdya, Husaini Rahman.

Selama mengikuti kegiatan jambore internasional, delegasi Indonesia akan bertemu dan berkompetisi dengan ribuan peserta lainnya yang berasal dari berbagai negara.

“Sebelum diberangkatkan mereka akan mengikuti pembekalan di Banda Aceh serta pembekalan di Jakarta,” sebutnya.

Adapun pembekalan yang akan diberikan kepada delegasi pramuka Indonesia tersebut berupa pengetahuan tentang Indonesia, baik itu budaya maupun kesenian serta perkembangan di tanah air.

Setiap peserta wajib memperkenalkan negara masing-masing, dan tentunya kesempatan itu tidak boleh terlewatkan begitu saja, karena mereka dapat memperkenalkan Indonesia secara langsung dihadapan para peserta jambore internasional lainnya, seperti keaneka ragaman budaya di Indonesia.

Erwanto yang juga Wabup Abdya, mengatakan, dua peserta terbaik Abdya itu nantinya akan bergabung dengan ratusan anggota pramuka Indonesia dalam jambore internasional tersebut. Mereka terdiri dari penggalang, penegak, pendega, dan pembina jambore pramuka se dunia atau World Scout Jamboree.

“Ini merupakan sebuah kesempatan bagus bagi Pramuka kita untuk lebih maju dan terus berkaryadalam ajang jambore yang bertemakan ‘WA : spirit of Unity’. Tema ini memiliki arti harmoni, kesatuan atau kebersamaan. WA sendiri merupakan nama awal untuk Jepang,” tandasnya. [Rizal]

To Top