Ekonomi

Berkah Ramadhan, Dagangan Murtadha Laku Keras

Berkah Ramadhan, Dagangan Murtadha Laku Keras

ACEHTERKINI.COM | Selama Bulan Suci Ramadhan, Pedagang peci di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) laku keras. Berbeda dengan hari-hari biasa pembeli peci tidak terlalu ramai bahkan tergolong sepi, tapi saat Ramadhan tiba dan menyambut hari raya Idul Fitri 1436 H/2015 M, minat pembeli peci meningkat.

Murtadha (25) seorang pedagang peci di kawasan Pasar Blangpidie, Jum’at (10/7/2015) mengaku kalau, selama memasuki bulan Ramadhan, telah terjadi peningkatan daya beli masyarakat terhadap peci. Hingga memasuki pertengahan bulan Ramadhan peminat peci terus berdatangan.

Untuk mengatasi kekurangan persediaan barang dan permintaan konsumen, pihaknya telah melakukan persiapan sejak awal dengan menambah stok peci dari berbagai jenis, sehingga ragam jenis peci sesuai dengan permintaan konsumen dapat terpenuhi.

“Peningkatan pembeli sudah mulai terasa sejak memasuki bulan Ramadhan. Namun animo masyarakat semakin tinggi ketika mulai memasuki pertengahan Ramadhan. Apalagi menjelang lebaran yang hanya tinggal beberapa hari lagi,” ujarnya disela-sela melayani pembeli.

Disebutkan, harga peci dijual dengan bervariasi, mulai dari harga Rp10 ribu hingga ratusan ribu, tergantung jenis dan bahan yang digunakan dalam pembuatan peci. Umumnya, lanjut Murtadha, peci yang dijual merupakan peci produksi dari pengrajin lokal, namun ada juga yang khusus didatangkan dari luar daerah seperti Medan, Sumatera Utara.

Amatan dilapangan, para pedagang tampak sibuk melayani pembeli dan melakukan kegiatan bersih-bersih berbagai jenis peci lalu ditaruh di rak-rak dagangannya. Sambil menyusun barang dagangan lain seperti tasbih, sajadah, piyama, sarung dan aksesoris lainnya yang juga diminati pembeli. (Rizal)

To Top