Sosial

Baitul Mal Langsa Salurkan Zakat Fakir Miskin

Baitul Mal Langsa Salurkan Zakat Fakir Miskin
ACEHTERKINI.COM | Menjelang hari Raya Idul Fitri 1436 H, Baitul Mal Langsa, menyalurkan zakat untuk fakir-miskin yang berada di 66 gampong (desa) dalam wilayah Pemko Langsa, Senin (13/07/2015).
Penyaluran itu langsung diserahkan secara simbolis oleh Walikota Langsa, Usman Abdullah,SE, di Aula Sekda setempat.
Dalam kesempatan itu, walikota mengatakan, perkembangan  zakat  Baitul Mal di wilayah Pemko Langsa, setiap tahunnya mengalami peningkatan dan dapat terus dipertahankan serta terus bertambah baik agar masyarakat tidak mampu bisa dibantu dengan adanya zakat ini.
Untuk itu, kita berharap kepada  masyarakat agar semakin sadar untuk membayar zakat melalui Baitul Mal yang merupakan lembaga pemerintahan. “Artinya, bila Baitul Mal semakin dipercaya sebagai lembaga penerima zakat dan penyalur zakat kepada masyarakat.Insya Allah, masyarakat kurang mampu dapat kita bantu dengan menyaurkan zakat itu,”ujarnya.
Apalagi Baitul Mala ini sudah disahkan dalam qanun (perda) menjadi lembaga pemerintahan dan setiap dana yang dikelolanya tetap harus bisa dipertanggung jawabkan, bahkan dilakukan audit oleh Inspektorat.  
Karenanya, mengapa kemarin (Senin-red) kita minta kepada Baitul Mal setempat, segera menyalurkan zakat kepada fakir-miskin agar bisa dimanfaatkannya menjelang lebaran seperti ini.
Meskipun jumlah besarannya tidak seberapa, paling tidak akan memberi arti bagi si penerima.Selain itu, penyaluran ini kita berikan melalui imam, tuha peut dan geuchik, karena merekalah yang tahu tentang keberadaan fakir-miskin di wilayah gampongnya masing-masing. 
Kemudian, untuk mengantisipasi  setiap menjelang lebaran tidak ada lagi masyarakat yang datang ke kantor walikota, seperti selama ini terjadi.
Jadi dengan kita salurkan zakat ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang datang ke kantor walikota, sehingga terkesan pemimpin di kota ini tidak peduli dengan masyarakatnya.
“Saya selalu respon bila ada laporan dari masyarakat kalau di salah gampong membutuhkan bantuan baik itu mengenai rumahnya tidak layak huni langsung meninjaunya dan bila benar kita minta Baitul Mal untuk segera membangunnya atau hal-hal lainnya yang sifatnya darurat,”ujarnya.
Sebelumnya, Ketua Baitul Mal setempat, Tgk.Alamsyah Abubakar Din, mengatakan, zakat yang kita bagikan ini adalah senif fakir sebanyak 1.500  dengan jumlah zakatnya masing-masing sebesar Rp150 ribu/orang dan sebanyak 4.500 senif miskin sebesar Rp100 ribu/orang.
“Semoga dengan dibagikan zakat fakir- miskin  ini akan membantu masyarakt yang membutuhkan menjelang lebaran tahun ini, karena kami  menyalurkan zakat sesuai dengan perintah al-qur’an,”ujarnya.
Sedangkan, untuk senif fakir uzur akan kita salurkan langsung oleh petugas Baitul Mal sebanyak 142 orang, masing-masing mendapatkan Rp600 ribu/tahun dan sudah dibayarkan Rp300 ribu untuk enam bulannya.

Selain itu, biaya penjaga pasien miskin yang dirujuk ke Banda Aceh sebesar Rp500 ribu dan ke Medan Rp300 ribu. Jumlah nominal itu sesuai kesepakatan kita bersama. [Jamal]

To Top