Sosial

Zaini Abdullah Jamin Sembako Aman Selama Ramadhan

Zaini Abdullah Jamin Sembako Aman Selama Ramadhan
Kebutuhan Pokok di Pasar Lambaro.

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menjamin kebutuhan sembako di Aceh aman selama bulan Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 1436H. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, Senin (15/6/2015) pagi. Sidak tersebut dilakukan untuk memastikan stok pangan jelang bulan Ramadhan tetap aman.

“Ini rutin dilakukan menjelang bulan puasa, kita memantau ketersediaan dan harga bahan pokok,” jelas Gubernur, disela-sela Sidak.

Orang nomor satu di Aceh ini sengaja melakukan Sidak untuk memantau ketersediaan dan fluktuasi harga bahan pokok. Sebab, tingkat konsumsi masyarakat yang kerap meningkat di bulan Ramadhan, dikhawatirkan berpengaruh terhadap ketersediaan stok pangan yang berimbas pada gejolak harga.

“Alhamdulillah stok beberapa jenis komoditas masih aman dan harganya juga relatif stabil misalnya harga cabe merah, bawang merah dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Kita harap akan terus stabil selama bulan Ramadhan,” pungkas Abu Doto, yang turut didampingi Kadiperindag Aceh Safwan,
Kabiro Humas Pemerintah Aceh HM Ali Alfata dan sejumlah pejabat lainnya.

Fluktuasi harga, terang Gubernur akan tetap dikontrol. Ia meminta masyarakat untuk tidak panik soal ketersediaannya, sebab Pemerintah Aceh menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok selama Ramadhan dan hingga Idul Fitri mendatang.

Meskipun demikian, Zaini Abdullah juga mengimbau masyarakat agar menjaga pola konsumsi di bulan suci Ramadhan.

Stok Beras dan Gula Aman

Usai meninjau pasar induk Lambaro, Gubernur Zaini Abdullah juga mengecek stok pangan di gudang Bulog Lambaro dan gudang gula PT. Kande Agung yang berlokasi di Lueng Bata.

Dijelaskannya, total stok beras saat ini mecapai 24 ribu ton, khusus untuk Banda Aceh tersedia 6.300 ton. Stok ini diprediksi mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga delapan bulan kedepan.

Sedangkan gula, stok yang tersedia saat ini adalah 4.300 ton dan akan terus di pasok untuk memenuhi kebutuhan dipasar.

“Dari hasil pantauan, kita memastikan bahwa stok beras dan gula aman dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Aceh selama bulan puasa,” kata Gubernur. [Red]

To Top