Sosial

Wali Nanggroe Ingin Ensiklopedia Kamus Bahasa Aceh

Wali Nanggroe Ingin Ensiklopedia Kamus Bahasa Aceh
Wali Nanggroe Aceh, Paduka yang Mulia, Malik Mahmud Al Haytar

ACEHTERKINI.COM | Wali Nanggroe Aceh, Paduka yang Mulia Malik Mahmud Al Haytar berkeinginan adanya ensklopedia yang di dalamnya terdapat kamus-kamus bahasa Aceh. Hal itu dikatakan Wali Nanggroe saat membuka diskusi terarah persiapan kongres peradaban Aceh, Jum’at (26/6/2015) di Jakarta.

Ia mengatakan hasil dari kongres akan tersusun sebuah ensiklopedia Aceh yang di dalamnya terdapat kamus bahasa Aceh. Kamus itu akan memuat bahasa-bahasa di Aceh secara komprehensif, baik kamus cetak maupun kamus digital atau elektronik.

“Kongres ini diharapkan dapat melahirkan gagasan-gagasan yang konstruktif dan inovatif,” katanya.

“Sebagai orang tua saya bangga, masih banyak pemikir dan pendukung serta bekerja keras demi pelestarian adat dan budaya Aceh,” ujar Paduka yang Mulia, Malik Mahmud Al-Haytar.

Pada kesempatan itu Wali Nanggroe Aceh memberi dukungan terhadap pelaksanaan kongres Peradaban Aceh yang akan dilaksanakan pada Oktober 2015 mendatang.

Sementara itu ketua panitia persiapan Kongres Peradaban Aceh, Ahmad Farhan Hamid mengatakan inisiasi pelaksanaan kongres Peradaban Aceh ini berangkat dari keresahan kalangan muda terhadap identitas dan peradaban Aceh.

“Anak-anak muda di Aceh, terutama di kota, makin sedikit yang bertutur menggunakan bahasa lokal. Bahasa lokal di Aceh mulai tergerus dan nyaris hilang, ini merupakan bencana nyata bagi punahya peradaban,” ujar Mantan Wakil Ketua MPR RI ini.

“Kami meuripee (patungan-red) bersama tokoh Aceh di Jakarta agar pertemuan persiapan kongres ini bisa dilaksanakan di Jakarta, salah sataunya sumbangan dari Adnan Gantoe, tokoh Aceh di Jakarta,” kata Ahmad Farhan Hamid.

Mustafa Ismail yang menggagas acara itu menjelaskan setelah persiapan diskusi ini nanti ada pra kongres di Jakarta pada akhir Agustus 2015. Kemudian pada akhir Oktober 2015 mendatang akan berlangsung Kongres Peradaban Aceh di Banda Aceh. [Red]

To Top