Sosial

Ustaz Fadil : Lima Amalan Ini Harus DIjaga Setelah Ramadhan

Ustaz Fadil : Lima Amalan Ini Harus DIjaga Setelah Ramadhan
Ustaz Fadil Memberikan Tausiah di Masjid Tgk. Di Anjong, Pelanggahan, Banda Aceh

ACEHTERKINI.COM | Bulan suci Ramadhan merupakan momentum untuk mewujudkan masyarakat madani yang juga sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Banda Aceh sebagai Model Kota Madani.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ustaz Fadil Lc dalam tausiah Safari Ramadhan Pemko Banda Aceh di Masjid Tgk Dianjong, Gampong Peulanggahan, Kecamatan Kutaraja, Rabu (24/6/2015) malam.

“Untuk mewujudkannya, satu hal yang paling penting adalah ‘meramadhankan’ bulan-bulan lain selain Ramadhan. Kita semua harus mampu menjaga ritme dan intensitas ibadah kita di luar Ramadhan,” kata Ustaz Fadil.

Ustaz Fadil kemudian menyebutkan sejumlah sunnah nabi yang idealnya tetap harus dijaga walaupun Ramadhan telah berlalu.

“Salah satunya Shalat Subuh berjamaah di Masjid. Andai saja kita tahu apa sebenarnya faedah yang terkandung dalam Shalat Subuh berjamaah, niscaya dengan merangkak sekali pun kita akan menuju ke rumah Allah,” ujarnya.

Amalan selanjutnya adalah selalu menjaga wudhu. “Kelihatan memang sepele, namun wudhu bisa mengantisipasi kita dari pergaulan bebas, belum lagi dari sisi kesehatan,” kata Ustaz Fadil.

Dan yang tak kalah penting adalah bersahabat dengan Al-Quran. “Barang siapa yang selama di dunia dekat dengan Al-Quran, nanti di akhirat Al-Quran juga akan menjadi sahabat dan syafaat bagi dirinya. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membaca Al-Quran, Al-Quran itu bukan hak veto santri-santri pesantren, tapi pedoman hidup bagi kita semua.”

Ibadah lainnya seperti puasa Senin-Kamis dan Shalat Dhuha juga sangat dianjurkan. Khusus soal Shalat Dhuha, Ustaz Fadil menyebut ibadah ini ibarat ‘shalat anti korupsi’ karena waktunya pas saat tingginya intensitas kerja manusia.

“Ada doa yang sangat indah dan selalu kita panjatkan setelah Shalat Dhuha, ‘…apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu dan kekuasaan-Mu,”  tutup Ustaz Fadil mengakhiri ceramahnya. [Red]

To Top