Sosial

Stock Beras di Kamp Rohingya Cukup Lima Bulan Kedepan

ACEHTERKINI.COM | Koordinator logistik kamp pengungsi di Birem Bayeum Aceh Timur, Rudi Slamet menegaskan persediaan beras dan lauk pauk bagi 433 pengungsi Rohingya dan Bangladesh cukup untuk empat sampai lima bulan ke depan.

“Persediaan makanan, terutama beras saya kira cukup untuk empat sampai lima bulan ke depan. Sejauh ini tidak ada masalah terkait bahan makanan,” kata Rudi yang juga menjabat sebagai Kabag Kesra Setda Kabupaten Aceh Timur itu, Kamis (4/6/2015).

Di lokasi pengungsi yang merupakan lahan milik sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit itu, setidaknya terdapat empat tenda besar yang memuat berton-ton beras, mie instan, pakaian bekas layak pakai dan bahan makanan lain.

Pengungsi wanita dan anak-anak yang berasal dari etnis Rohingya ditempatkan di gudang tua bekas pabrik kertas, sementara kaum laki-laki dan pengungsi asal Bangladesh ditempat di tenda terpisah.

“Setiap hari selalu ada yang datang mengantar bantuan, mulai dari organisasi kemanusiaan, keagamaan, perguruan tinggi, sekolah, pemerintah dan bahkan perorangan. Semua tentu kami terima dengan senang hati,” kata Slamet.

Akibat banyak bantuan yang mengalir, para relawan bahkan sempat kewalahan untuk menyimpan karena kurangnya gudang penyimpanan, terutama untuk bahan makanan dan sayuran yang tidak tahan lama.

“Beruntung kita baru saja mendapat bantuan dari organisasi kemanusiaan “Our Touch” dari Malaysia yang menyumbang kulkas dan freezer, serta tenda untuk penyimpan makanan dan dapur umum,” katanya. [rol]

To Top