Nasional

Selasa, 16 Juni Sidang Penentuan Awal Ramadhan. Tertutup Untuk Pers

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Agama dijadwalkan akan kembali mengadakan sidang penentuan (itsbat) awal bulan Ramadlan 1436H/2015M pada Selasa (16/06/2015) di Gedung Kementerian Agama Jakarta.

Menurut Dirjen Bimas Islam Machasin, proses sidang yang akan menghadirkan para perwakilan ormas dan negara sahabat itu dijadwalkan mulai sejak pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadlan 1436H.

Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.

“Sidangnya tertutup. Hasilnya disampaikan secara terbuka,”  terang Machasin dilansir dalam laman Kemenag, Minggu (14/6/2015).

Pertemuan ini akan menghadirkan para pakar dan ahli hisab-rukyat yang merupakan representasi dari ormas Islam, Mahkamah Agung, IAIN/UIN, LAPAN, Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Planetarium, Bosccha ITB, dan ahli falak perorangan.

To Top