Layanan Publik

Revitalisasi Pasar Setui Habiskan Rp 5 Miliar

Revitalisasi Pasar Seutui Habiskan Rp 5 Miliar
Pasar Setui

ACEHTERKINI.COM | Pasar Seutui yang terletak di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, menjadi salah satu pasar yang masuk dalam program Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat se-Indonesia.

Poyek revitalisasi Pasar Seutui membutuhkan dana sekitar Rp 5 miliar. Proses tendernya akan dilakukan setelah lebaran Idul Fitir 1436 H dan pengerjaannya ditargetkan akan rampung pada November mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal kepada Menteri Perdagangan RI Rachmat Gobel via video conference langsung di Pasar Setui, Selasa (30/6/2015).

Revitalisasi Pasar Seutui Habiskan Rp 5 Miliar
Illiza Sa’aduddin Djamal Video Conference dengan Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel

“Alhamdulillah, untuk relokasi para pedagang tidak menjadi persoalan, karena masyarakat dan pedagang sudah menyetujuinya,” kata Illiza yang didampingi sejumlah unsur Muspida dan pedagang.

Untuk diketahui, program revitalisasi 1.000 pasar rakyat itu sendiri diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, proyek ini merupakan penjabaran dari visi dan misi Presiden Jokowi, dengan membangun 5.000 pasar rakyat selama lima tahun mendatang.

“Tahun ini anggarannya dari APBN dan APBN-P 2015,” katanya.

“Revitalisasi pasar rakyat fokus pada empat bidang. Revitalisasi fisik, revitalisasi manajemen pengelolaan pasar, revitalisasi ekonomi berupa akses pembiayaan bagi para pedagang serta revitalisasi sosial -pasar sebagai pusat interaksi dan wadah sosial,” papar Rachmat.

Ia menambahkan, lokasi pembangunan yang diprioritaskan dalam progam ini antara lain pasar-pasar yang telah berusia 25 tahun ke atas, dan yang terletak di daerah pasca bencana.

“Tahun ini akan kita bangun 1.000 pasar se-Indonesia dengan total anggaran sekitar Rp 2,3 triliun,” kata Rachmat Gobel. [Red]

To Top