Hukum

Polres Abdya Sita 2 Truck Berisi Kayu Diduga Hasil Illegal Loging

ACEHTERKINI.COM | Pada Senin (29/6/2015) dinihari sekitar pukul 03.00 WIB, Satuan Reserse Kriminal (SatReskrim) Polres Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil mengamankan 2 truk pengangkut kayu illegal loging sebanyak 9(sembilan) kubik di Jalan Nasional Teupin KM 1, Desa Ie Mierah, Kecamatan Babahrot.

Kayu-kayu tersebut, rencananya akan diselundupkan ke daerah lain, berubtung Polisi akhirnya berhasil menggagalkan pemilik kayu masing-masing SN (40) dan SY (30), keduanya merupakan warga Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten setempat.

Selain mengamankan tersangka, Polisi juga mengamankan 2 unit truk pengankut kayu dengan nomor polisi (Nopol) BL 8538 C dan BL 8805 AC serta 2 orang sopir JL (29) warga Desa Pante rakyat dan MS (36) warga Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot.

Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH melalui Kasat Reskrim AKP Misyanto SH, yang dimintai tanggapannya oleh wartawan, Senin (29/6) mengatakan, pemilik kayu, truk dan sopir truk sudah diamankan di Mapolres Abdya guna dimintai keterangan lebih lanjut.

Diterangkan Misyanto, kayu tersebut berhasil diamankan berkat pengintaian yang dilakukan oleh anggota Intelkam Polres Abdya selama ini, berdasarkan laporan masyarakat, setelah dilakukan pengintaian lebih kurang 5 hari 5 malam dan mengatur strategi yang jitu, akhirnya  Sat Reskrim langsung melakukan pengepungan dan penangkapan saat pemilik kayu dan pekerjanya beroperasi.

“Tersangka berikut barang bukti langsung kita boyong ke Mapolres Abdya guna penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Misyanto menjelaskan, kepada para pelaku akan dikenakan pasal berlapis diantaranya, pasal 82 ayat (1) huruf a, b dan c, pasal 83 ayat (1) huruf a, b dan c Undang-Undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan, pemberantasan perusak hutan dengan ancaman penjara paling singkat satu tahun dan paling lama  5 tahun serta denda Rp 2,5 milyar. “Pelaku juga bisa dikenakan pasal 78 ayat (7) dengan ancaman penjara 5 tahun dan denda Rp 10 milyar,” demikian jelas Misyanto. [by.Rizal]

To Top