Sosial

Persiapan HUT RI, Abdya Rekrut 72 Pelajar Paskibra

ACEHTERKINI.COM | Ratusan pelajar tingkat SMA/MA/SMK dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (11/6/2015) mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang berlansung di Lapangan Persada Blangpidie.

Seleksi calon Paskibra itu digagas oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Abdya yang melibatkan unsur Polri, TNI dan Satpol PP.

Kepala Disbudparpora Abdya, TR Syahir mengatakan, pelajar yang diikutkan dalam seleksi tersebut merupakan utusan dari setiap sekolah tingkat SMA sederajat, sesuai dengan surat yang telah dikirimkan ke pihak sekolah terkait keikutsertaan siswa dalam seleksi calon Paskibra.

Dari ratusan pelajar yang diseleksi berdasarkan kriteria tertentu itu, salah satunya tinggi badan untuk pria minimal 165 cm dan wanita minimal 160 cm akan dipilih yang terbaik, sehingga mencukupi jumlah pasukan yaitu sebanyak 72 orang.

“Yang terpenting adalah tinggi badannya dulu, sehat jasmani serta rohani. Kemudian untuk kepandaian dalam peraturan baris berbaris (PBB) tidak terlalu diutamakan. Sebab PBB nantinya akan dilatih dengan optimal, sehingga mereka akan mahir, tentunya dengan binaan dari pelatih khusus serta telah berpengalaman,” jelasnya.

Seleksi tersebut sebagai persiapan awal untuk menyukseskan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-70 pada 17 Agustus 2015 mendatang. Meskipun hari puncak peringatan hari kemerdekaan Indonesia masih jauh, persiapan secara matang tetap perlu dilakukan sejak dini.

Dikatakan Syahir, seleksi dilakukan satu hari penuh, setelah mendapatkan calon terbaik, mereka akan mengikuti proses latihan pengibaran bendera di Lapangan Persada Blangpidie dalam kurun waktu dua bulan.

“Jadwal latihan akan disesuaikan kesiapan para pelatih di lapangan. Kita berharap persiapan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala, serta dukungan dari semua pihak juga sangat diharapkan demi suksesnya peringatan HUT RI nantinya,” demikian harapnya. (Rizal)

To Top