Lingkungan

Pengelolaan Sumber Daya Air Aceh Belum Terintegrasi

Pengelolaan Sumber Daya Air Aceh Belum Terintegrasi
Banjir di Aceh Utara [ilustrasi]

ACEHTERKINI.COM | Pengelolaan Sumber Daya Air di Aceh masih banyak terjadi tumpang tindih antar lembaga pemerintah. Provinsi Aceh sering berhadapan dengan berbagai permasalahan pengelolaan sumber daya air.

Hal itu dikatakan Asisten III Bidang Administrasi Umum, Muzakar A. Gani di Kantor Bappeda Aceh, Selasa (9/6/2015).

Berbagai permasalahan itu, kata Muzakar A Gani adalah kelebihan air yang menyebabkan banjir dan kekurangan air yang menimbulkan kekeringan dan pencemaran sehingga menyebabkan penurunan kualitas air.

Kata Muzakar, kebutuhan air juga semakin meningkat. “Masalah air perlu diberikan perhatian serius, Dewan Sumber Daya Air (DSDA) diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan tersebut seiring banyaknya bencana alam yang terjadi di Aceh,” kata Asisten III Setda Aceh .

Perlu diketahui, Gubernur Aceh telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 690/903/2013 Tentang Dewan Sumber Daya Air (DSDA) Aceh yang salah satu tuganys menyusun kebijakan dan strategi Pengelolaan Sumber Daya Air Aceh.

Kebijakan terkait pengelolaan sumber daya air Aceh ini juga sudah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Aceh Nomor 54 Tahun 2013. [Red]

To Top