Layanan Publik

Penerapan Open Puskesmas di Banda Aceh, Inovasi Terbaru di Indonesia

Penerapan Open Puskesmas di Banda Aceh, Inovasi Terbaru di Indonesia
Media Yulizar sedang mempresentasikan penerapan Open Puskesmas di Banda Aceh

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kota Banda Aceh akhirnya diundang ke level nasional untuk mempresentasikan Open Puskesmas yang sudah diluncurkan oleh Walikota Banda Aceh pada Jumat, 29 Mei 2015 lalu.

Open Puskesmas yang dipelopori Pemerintah Kota Banda Aceh dinilai sebagai salah satu inovasi baru di Indonesia dalam upaya penerapan reformasi birokrasi dalam  pembangunan sektor kesehatan, khususnya pada level Puskesmas.

Hal tersebut dikatakan . Media Yulizar, MPH selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dalam Jambore Reformasi Birokrasi melalui keterangan dari Koalisi Reformasi Birokrasi Kota Banda Aceh, Jum’at (5/6/2015).

Media Yulizar menjelaskan Open Puskesmas dianggap sangat strategis untuk optimalisasi kinerja Puskesmas. Pengelolaan informasi akan dapat dilakukan secara lebih baik. Selain itu dengan sendirinya kewajiban Puskesmas sebagai Badan Publik sudah dijalankan sesuai dengan UU Keterbukaan Informasi Publik.

Open Puskesmas juga akan meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik kepada Puskesmas, bahkan Puskesmas semakin terhindar dari potensi terjadinya penyimpangan dalam tatakelola Puskesmas.

“Open Puskesmas akan semakin jaminan dan kepastian layanan informasi Puskesmas secara cepat, mudah dan akurat. Selain itu juga akan mempermudah akses sehingga dapat memberikan kontribusi berupa masukan/solusi perbaikan atas kinerja Puskesmas. Bahkan menjadi media untuk mengawasi operasional Puskesmas baik dari sisi kebijakan maupun anggaran”, jelasnya.

Masih dikatakan Media Yulizar,  Open Puskesmas ini menjadi inovasi yang dapat diterapkan di seluruh Indonesia. “Sangat strategis apabila dijadikan sebagai salah satu program prioritas Kementerian Kesehatan RI sebagai bagian dari implementasi UU Keterbukaan Informasi Publik pada unit layanan Puskesmas di seluruh Indonesia,” jelas Media Yulizar. [Red]

To Top