Sosial

Ops Patuh Rencong Berakhir, Polres Abdya Gelar Sidang Ditempat

Ops Patuh Rencong Berakhir, Polres Abdya Gelar Sidang Ditempat
Polres Abdya Gelar Sidang Ditempat Bagi Pelanggar Lalu Lintas, 9 Juni [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Memasuki hari terakhir pelaksanaan razia Operasi (Ops) Patuh Rencong Tahun 2015. Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar sidang ditempat untuk ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang berlansung di bawah pohon rindang depan Asrama Kodim 0110/Abdya, Selasa (9/6/2015).

Kapolres Abdya, AKBP Budi Samekto Sik melalui Kasatlantas, AKP Imam Syafii, mengatakan, dalam razia tersebut, ratusan unit sepeda motor (Sepmor) yang kena tilang, lansung menghadap pada pihak Pengadilan Negeri Tapaktuan yang didampingi pihak Kejaksaan Negeri Blangpidie untuk melakukan proses sidang ditempat.

Kata Imam, tingkat kesadaran pengendara di Abdya masih sangat rendah, sehingga banyak pengendara yang ditilang akibat tidak menggunakan helm, tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNKB) dan sepeda motor yang tidak menggunakan kaca spion dua.

“Ini hari terakhir pelaksanaan ops patuh rencong tahun 2015, kita sudah melaksanakannya sejak dari 27 Mei lalu, banyak sekali pengendara yang enggan menggunakan helm, tidak memiliki SIM, tidak membawa STNKB dan kelengkapan kendaraan lainnya, jadi terpaksa harus ditilang,” tuturnya.

“Sidang di tempat bagi pengendara yang ditilang, merupakan langkah yang paling tepat, agar para pengendara yang ditilang tidak kerepotan untuk mengurus hingga ke Tapaktuan tetapi lansung kita selesaikan ditempat, jadi mengenai berapa jumlah keseluruhan yang ditilang belum bisa dipastikan karena harus direkap dulu hingga akhir razia nanti,” demikian jelas Imam. (Rizal)

To Top