Politik

Muzakir Manaf : Aceh Bagian Dari NKRI

Muzakir Manaf bersama Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (RI), Mayjen TNI Hartind Asrin, Kamis 4 Juni [ist] 

ACEHTERKINI.COM | Aceh merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah memberikan sumbangsih besar terhadap lahirnya negeri ini, dan berkewajiban menjaga keutuhannya.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf saat membuka Kursus Singkat Manajemen Pertahanan Negara Mobile bagi Pejabat Pemda, Pemuka Agama, Pemuda, Tokoh Adat dan LSM di Gedung Serba Guna Setda Aceh, Kamis, (4/6/2015).

“Sebagai bagian dari Republik, Aceh berusaha menjaga keutuhan Negara ini dengan baik dan bijaksana,” ujar Wakil Gubernur Aceh yang akrab disapa Mualem ini.

Sebagai Negara yang besar dan terdiri dari berbagai etnis dan ribuan pulau, Mantan Panglima Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (AGAM) ini menekankan menjadi tanggungjawab bersama untuk menjaga keutuhan Republik ini.

Mualem juga mengajak masyarakat Aceh untuk peduli dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas pembangunan di negeri ini, termasuk mendukung Reformasi Sistem Ketatanegaraan yang saat ini berlangsung di berbagai tingkatan.

”Reformasi tidak cukup dengan melahirkan perangkat hukum, tapi butuh tanggungjawab semua elemen masyarakat untuk mengawalnya sehingga  menjaga tegaknya hukum dan memperkuat konsistensi terhadap keutuhan bangsa,” kata Mualem.

Wagub berharap kursus singkat ini mampu menjaga semangat nasionalisme kebangsaan sebagai spirit mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjelaskan bagaimana pentingnya keterlibatan masyarakat  sebagai bagian dari manajemen pertahanan negara dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Sehingga mampu meredam potensi munculnya gerakan ethno-nationalism yang jelas-jelas tidak sejalan dengan prinsip nasionalisme kebangsaan kita,” ujarnya. [red]
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

To Top