Nasional

Muktamar Muhammadiyah Ke-47 Rampung 75 Persen, akan Habiskan Rp30 Miliar

ACEHTERKINI.COM | Mukatamar Muhammadiyah ke-47 akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), 3-7 Agustus 2015 mendatang. Persiapan muktamar ini pun tinggal menyisakan 25 persen.

Kepala Bagian Informasi Mukatamar Muhammadiyah ke-47 Ahmad Sauki mengatakan, dengan waktu yang tidak lama lagi, pihaknya tinggal menyelesaikan beberapa hal kecil seperti pendistribusian barang untuk sampai ke Makassar hingga pendataan media yang akan meliput acara ini.

“Untuk perijinan dengan kepolisian dan Pemda setempat ini tinggal mengintensifkannya saja. Karena akan dihadiri oleh presiden Jokowi maka semua persiapan pun harus sukses,” ujar Ahmad, Selasa (23/6) malam.

Selain itu untuk kesiapan kota Makassaar dalam menyambut peserta muktamar hingga ratusan ribu partisipan yang ada, perwakilan Muhammadiyah yang berada di Makassar siap menampung mereka untuk tinggal sementara di rumah jamaah Muhammadiyah yang ada di Makassar. Pasalnya untuk menampung ratusan ribu partisipan Muktamar, hotel yang ada di Makassar sudah pasti tidak mencukupi.

Sekretaris Panitia Pusat Marpuji menjelaskan, partisipan ini nantinya bukan hanya dari dalam negeri, namun dijadwalkan akan datang juga partisiapan dari luar negeri seperti dari Jepang dan Inggris. Sehingga nantinya Muhammadiyah berencana untuk menggelar pertemuan Muhammadiyah Internasional.

“Jamaah Muhammadiyah ini ada yang memang berhubungan langsung dengan Muhammadiyah di Indonesia ada juga yang tidak. Jadi kita pertemukan untuk bersilaturahmi,” ujar Marpuji.

Selain akan menggelar pertemuan Muhammadiyah internasional, panitia Muktamar Muhammadiyah ke-47 juga tengah mempersiapkan program untuk mempertemukan para saudagar Muhammadiyah. Terlebih di Makassar sangta terkenal dengan para saudagar dari Muhammadiyah.

Untuk tahun ini, Muktamar Muhammadiyah ke-47 sendiri diprediksi akan menghabiskan dana sebanyak 30 miliar. Dana ini akan terus bertambah karena nilai tersebut hanya yang dikeluarkan oleh panita semata. Sementara dana yang dikelurkan oleh masing-masing jamaah dari ratusan ribu partisipan yang datang dengan merogoh kocek sendiri. [Rol]

To Top