Layanan Publik

Meski Puasa, Listrik Tetap Padam di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Pemadaman listrik secara bergilir di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan sebagian wilayah Kabupaten Aceh Selatan tetap berlanjut meski sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Pasalnya, listrik padam saat masyarakat berbuka puasa, Shalat Tarawih hingga sahur pun listrik juga sering padam.

Dengan kondisi tersebut, banyak masyarakat yang protes dan merasa dirugikan dengan pemadaman itu.

Agus, warga Kecamatan Blangpidie, Sabtu (20/6/2015) mengatakan, awalnya masyarakat selaku pelanggan sangat mengerti dengan kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Suak Setia di Desa Lhang, Kecamatan Setia, kabupaten setempat yang terbakar 13 Mei lalu. Namun, hingga saat ini, upaya pemulihan jaringan belum juga tuntas dilakukan oleh pihak PLN.

“Sejak awal Ramadhan, listrik sudah sering padam. Ada yang mamasuki waktu berbuka hingga sahur, pagi hari, siang hari bahkan sore hari,” ujarnya.

Pemadan terjadi hampir seluruh wilayah Kabupaten Abdya, mulai dari Kecamatan Blangpidie, Kuala Batee, Tangan-Tangan, Setia, Lembah Sabil, Jeumpa, Babahrot termasuk bagi pelanggan yang berada di wilayah Kabupaten Aceh Selatan yang meliputi Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji Tengah, Labuhan Haji Timur hingga Meukek.

Sementara itu, Manager PLN Ranting Blangpidie, Persatuan Harahap menjelaskan, untuk mengatasi kekurangan suplai arus tersebut, pihaknya telah mendatangkan mesin PLTD Jeuram, Kabupaten Nagan Raya dengan kapasitas sebesar 0,6 Mw dan mesin dari PLTD Seuneubok, Aceh Barat dengan kapasitas 2 Mw .

“Dalam pekan ini, mesin tersebut akan beroperasi dan pasokan listrik akan kembali stabil. Paling hanya mengalami sedikit kekurangan, yaitu sekitar 300 Kw, namun kekurangan itu bisa dibantu dengan suplai arus dari PLTD Tapaktuan, Aceh Selatan,” terangnya.

Ia berharap, seluruh pelanggan yang berjumlah sekitar ke 47.500 lebih yang tersebut diseluruh wilayah Abdya agar tetap bersabar, sampai kedua mesin bantuan kabupaten tetangga dapat beroperasi secara normal.

“Teknisi di lapangan terus bekerja siang dan malam untuk menyelesaikan pemasangan mesin. Jadi kepada seluruh pelanggan diharapkan bersabar,” harapnya. (Rizal)

To Top