Sosial

Memakmurkan Masjid Bukan Hanya Di Bulan Ramadhan

Memakmurkan Masjid Bukan Hanya Di Bulan Ramadhan
Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid Memberikan Tausiah dalam Safari Ramadhan 1436 H

ACEHTERKINI.COM | Wakil Walikota Langsa, Drs. Marzuki Hamid, MM, mengharapkan, kepada warganya jangan hanya selama bulan suci Ramadhan kita memakmurkan masjid, tapi pada bulan lainnya juga harus mampu bagaimana masjid itu selalu makmur (dipenuhi jamaah).

Demikian disampaikan, Marzuki Hamid, saat mengisi ceramah pada hari ketiga kegiatan safari Ramadhan di Masjid Nurul Huda Gampong (desa) Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro,Rabu (24/6/2015) malam.

“Kita selalu melihat setiap bulan Ramadhan jamaah selalu ramai untuk memakmurkan masjid, tapi pada bulan lainnya sudah mulai sepi jamaahnya.Makanya, saya berharap memakmurkan masjid jangan hanya di bulan Ramadhan saja,”ujarnya.

Dikatakan, selama bulan Ramadhan agar warga Langsa dapat memanfaatkan bulan penuh berkah ini, untuk mendekatkan diri dan bertaqwa kepada Allah SWT dengan melaksanakan ibadah yang diperintahkan-Nya.Apalagi bulan seperti ini hanya ada satu kali dalam setahun, kalau tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya sangatlah rugi bagi kita selaku umat Islam.

Kendati demikian, ibadah selama bulan Ramadhan ini bukan hanya kita berpedoman melaksanakan puasa saja, tapi ibadah lainnya juga harus kita laksanakan seperti  menegakkan Syariat Islam (SI) secara kaffah juga bagian dari ibadah karena kita sudah melaksanakan syiar Islam sebagaimana yang dilakukan oleh Rasullah SAW serta para sahabatnya.

Karenanya, Islam itu jangan hanya kita pahami dengan melaksanakan salat wajib lima waktu dan berpuasa saja, tapi bagaimana kita semua menjaga prilaku yang baik sesama manusia dengan saling menghargai dan selalu menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain terutama di sekitar kita.

Lebih lanjut Marzuki Hamid, mengatakan, secara umum penegakan SI di wilayah Pemko Langsa sudah mulai ada perubahan yang signifikan dan itu bisa kita lihat dengan tidak adanya suara musik keyboard di malam hari, melaksanakan hukuman cambuk bagi pelanggar SI sesuai qanun yang berlaku.

“Mustahil bila di suatu gampong bisa terlaksananya penegakan SI, kalau aparatur gampongnya saja tidak peduli atau mendukungnya, sehingga hal seperti ini nantinya akan menjadi cemooh oleh warganya,”ujarnya.

Selama safari Ramadhan ini setiap tim memberikan bantuan sesuai permintaan dari aparat gampong setempat, untuk kebutuhan masjid seperti ambal sajadah, mesin pompa air, kipas angin dan pengeras suara plus amplinya. [Jamal]

To Top