Layanan Publik

Masih Berhutang Pada PLN, Lampu Jalan di Abdya Dimatikan

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah warga di Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluh. Pasalnya, lampu di Jalan Nasional mulai dari Desa Cot Bak U sampai ke Desa Kayee Aceh tepatnya perbatasan antara Kabupaten Abdya dan Aceh Selatan, gelap gulita.

Salmin, salah satu pengendara yang dijumpai acehterkini, Sabtu (27/6/2015) usai shalat shubuh, merasa kecewa, karena lampu jalan yang merupakan tanggung jawab pemerintah setempat dalam hal ini instansi terkait, hingga saat ini belum mampu menanganinya.

“Pada waktu malam, warga terpaksa melintas dalam kegelapan, karena lampu jalan tak hidup, meski agak terang, itupun cahaya lampu dari rumah warga setempat yang tak sebesar lampu di jalan itu,” ujarnya.

Dikatakan Salmin, saat warga menanyakan kepada petugas PLN yang berada diwilayah setempat, mereka mengatakan, kalau instansi terkait dalam hal ini Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Abdya, belum membayar tagihan listrik untuk lampu-lampu yang menerangi jalan dimaksud.

“Kami berharap, supaya lampu itu dapat segera hidup kembali, agar masyarakat tidak kesusahan saat melintasi di jalan ini, termasuk bagi para pengendara, apalagi warga sedang menjalani ibadah puasa,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Keuchik Desa Kayee Aceh Nyak Ubat, bila waktu malam kondisi jalan nasional di desanya gelap gulita, karena lampu jalan padam.

“Kita sudah mendatangi petugas PLN di Kecamatan Manggeng, katanya, kalau lampu-lampu itu belum bayar,” terangnya singkat.

Secara terpisah, Menager PLN Ranting Blangpidie, Persatuan Harahap, yang dihubungi acehterkini, membenarkan kalau pihak Pemerintah Kabupaten Abdya dalam hal ini Distamben setempat belum membayar tagihan listrik untuk sejumlah lampu jalan di Abdya termasuk di Kecamatan Lembah Sabil.

“Meskipun belum dibayar, tapi kami tidak melakukan pemutusan, karena janji pihak Distamben akan dilunasi pada awal Juli mendatang, mengenai lampu jalan mati di Lembah Sabil, mungkin ada kerusakan, tetapi itu ranahnya instansi terkait yang memperbaikinya,” singkat Harahap.

Terkait dengan belum bayar tagihan listrik untuk sejumlah lampu jalan tersebut, Kepala Distamben Abdya, Drs Ikhsan, menjelaskan bahwa pihaknya akan melunasi pada awal bulan Juli mendatang, karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan.

Katanya, meski belum terlunasi, pihak PLN tidak memutuskan arusnya, jadi kalau ada kerusakan di Kecamatan Lembah Sabil, pihaknya akan segera turun kelokasi nanti.

“Kita akan cek kerusakannya, tetapi bukan hari ini, dipastikan Senin mendatang,” demikian ujarnya. (Rizal)

To Top