Sosial

Kodim Abdya Gelar Operasi Pasar Gula Pasir Murah

Kodim Abdya Gelar Operasi Pasar Gula Pasir Murah
Kodim 0110 Aceh Barat Daya Gelar Operasi Pasar Gula Pasir Murah
ACEHTERKINI.COM| Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (30/6/2015) menggelar operasi pasar (OP) khusus gula pasir. OP tersebut dimaksudkan untuk menekan harga gula dipasaran yang melambung tinggi selama bulan Ramadhan 1436 hijriah hingga hari raya Idul Fitri mendatang.

Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Suhartono SIP mengatakan kalau, gula pasir tersebut dijual dengan harga Rp11.000 per kilogram (Kg). Dimana harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga dipasaran yang berkisar antara Rp14.000 sampai Rp15.000 per kilogram.

Untuk tahap pertama, pihaknya menggelar OP dimaksud di empat titik diantaranya di Desa Blang Makmur, Desa Kuala Teruebu Kecamatan Kuala Batee, Kecamatan Babahrot dan Jeumpa, dengan menyiapkan sebanyak 1 ton gula pasir.

Setiap masyarakat diberlakukan pembatasan jumlah pembelian, dengan maksud gula murah tersebut juga dapat dibeli oleh masyarakat lain secara merata.

“Tiap masyarakat hanya dibenarkan membeli sebanyak 2 per kilogram, dengan harapan banyak masyarakat yang kebagian gula murah ini,” ujar Dandim Suhartono.

Gula pasir yang dijual tersebut merupakan gula lokal yang didatangkan dari Provinsi Lampung yang bekerjasama dengan PT. Kandhe dengan Induk Koperasi Kartika. Tujuan OP gula pasir ini adalah untuk menekan harga gula di pasaran. Selain itu, kegiatan itu juga sebagai upaya dalam meringankan beban masyarakat dalam mengatasi harga-harga sembako di pasaran yang relatif tinggi selama bulan Ramadhan.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, OP tersebut tidak hanya berhenti di empat lokasi saja, namun juga akan dilaksanakan di kecamatan lain seperti Kecamatan Susoh, Blangpidie, Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil.

“Insyaallah kalau gulanya telah dikirimkan lagi, OP ini akan kita lanjutkan ke lokasi yang lain, bahkan bisa dilakukan sepekan setelah lebaran,” terangnya.

Ia berharap, OP gula pasir ini dapat menstabilkan harga gula di sejumlah pasar dalam Kabupaten Abdya sekaligus mengantisipasi kelangkaan gula pada bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1436 H. (Rizal)

To Top