Nasional

Jokowi : Dana Desa Harus Diawasi Ketat

Jokowi : Dana Desa Harus Diawasi Ketat
Joko Widodo

 ACEHTERKINI.COM | Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan peran pengawasan intern pemerintah harus betul-betul bekerja. Banyak sekali dana yang ditransfer ke daerah dan ini harus diawasi secara ketat.

“Jangan main-main terhadap sebuah kegiatan proyek maupun program. Saya titip tahun ini yang anggarannya besar agar secara detil lebih diawasi kegiatannya. Misalnya anggaran desa,” kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2015 di Aula Gandhi BPKP, Jakarta Timur, Selasa (9/6/2015).

Kata Jokowi, dana desa sudah ditransfer ke desa-desa. Saya tanya, pengawasannya seperti apa, kontrolnya seperti apa?  Karena setiap tahun nanti akan membesar dana itu. Inilah tugas kita semuanya, tugas BPKP dan juga yang di luar kementerian, misalnya proyek 35.000 mega watt, proyek yang sangat besar hampir 1.100 triliun, agar didampingi, dikawal, dichek, diawasi.

“Saya tidak mau yang masih  ragu-ragu dan saya juga tidak mau nanti akhirnya ini menjadi masalah karena pengawalan dari auditor, pengawalan dari BPKP,” kata Jokowi.

Karena ke depan akan semakin banyak anggaran-anggaran besar yang akan di  transfer ke daerah, misalnya juga tahun depan setiap kabupaten kota akan kita berikan tambahan Rp 100 miliar kurang-lebih.

“Pengawasannya juga harus dipersiapkan. Itulah saya kira tantangan-tantangan yang kita hadapi,” kata Jokowi singkat. [Red]

To Top