Sosial

Jides dan Bibit, Prioritas Pertanian Aceh Tenggara

Jides dan Bibit, Prioritas Pertanian Aceh Tenggara
Mansur SP

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tenggara melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Aceh Tenggara terus berupaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian para petani.
         
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Aceh Tenggara, Mansur,SP. Senin (1/6/2015) diruang kerjanya mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan dengan tujuan agar kehidupan perekonomian petani dapat sejahtera.

Kata Mansur, pada Tahun 2015 ini Dinas Pertanian telah membangun 21 titik Jaringan Irigasi Desa (Jides) yang tersebar di Kecamatan Babul Rahmah, Babussalam, Deleng Perkhison, Badar dan Lawe Bulan.

Kemudian tahun ini pihaknya membangun 40 titik Jaringan Irigasi Desa (Jides) yang tersebar di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tenggara.

“Kegiatan ini di kerjakan oleh Kelompok Tani. Tujuannya dengan adanya air yang lancar maka dapat meningkat hasil Produksi petani,” katanya

Kegiatan pembagunan Jaringan Irigasi Desa ini didanai dari sumber dana  Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2015,” tambah Mansur.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Holtikultura pada tahun ini juga akan membantu Petani, yaitu benih bibit padi yang bersertifikat, pupuk urea, pupuk NPK, pupuk granul dan herbisida serta membantu uang tanam padi. Kegiatan tersebut didanai dari Otonomi Khusus (Otsus) Tahun 2015.

“Ini menjadi prioritas Kabupaten Aceh Tenggara, sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Aceh Tenggara. Apalagi didukung 86 persen masyarakat Aceh Tenggara yang menggantungkan kehidupan di Sektor Pertanian,” demikian Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Aceh Tenggara, Mansur,SP.[Dinni]

To Top