Sosial

International Diving Festival, Promosikan Keindahan Bawah Laut Sabang

International Diving Festival, Promosikan Keindahan Bawah Laut Sabang
International Diving Festival 2015

ACEHTERKINI.COM | Mempromosikan keindahan bawah laut Sabang menjadi destinasi yang paling menantang untuk mengundang wisatawan mancanegara ke Pulau Weh Indonesia. Teritori paling barat Indonesia ini memiliki perairan yang jernih dan menarik untuk diselami,

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggagas ide yang pertama ini International Diving Festival 2015 dengan menggandeng Aceh Diving Club (ADC). Perlombaan ini digelar pada 6-7 Juni 2015 di kawasan Gapang, Kota Sabang.

Ketua Tim, Dahlan mengatakan tujuan utama perlombaan ini adalah untuk menggalakkan wisata Sabang. “Tidak khusus untuk perlombaan saja, ada juga Fun Dive, menyelam bersama menikmati bawah laut Sabang,” ujar Dahlan.

Kegiatan ini juga bertepatan dengan World Oceans Days atau hari laut sedunia yang dirayakan setiap tanggal 8 Juni. Keindahan alam bawah laut Sabang adalah potensi yang tidak terbatas untuk dijelajahi. “Kita bisa mempromosikan Aceh ke dunia melalui pariwisata,” ujar Dahlan.

Dasar laut Sabang menembus pandang, memancarkan hijau kebiruan. Keindahan alam bawah laut ini akan disambangi 75 peserta dari Aceh, Medan, Pelembang, Jakarta dan wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Sabang.

International Diving Festival, Promosikan Keindahan Bawah Laut Sabang
Dahlan

“Kegiatan ini mempromosikan keindahan bawah laut Sabang ke dunia, sebelumnya kita pernah membuat upacara bawah laut di Sabang juga menarik perhatian dunia,” ujar Ketua Harian Persatuan Olagraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Aceh ini.

Peserta akan mengikuti lomba Fin Swimming, Orientasi Bawah Air (OBA), Bouyancy dan UnderWater Cleanup. Kegiatan-kegiatan ini bukanlah hal yang baru, perlombaan ini kata mantan Karyawan PT. Arun itu sering dilombakan pada Pekan Olah Raga Aceh (PORA) dan di Pekan OlahRga Nasional (PON).

Lomba Bouyancy adalah kemampuan penyelam untuk mengatur keseimbangan selama berada di dalam air sehingga bisa bergerak dengan stabil pada kedalaman tertentu sehingga dapat menikmati alam bawah laut dengan nyaman.

Teknisnya, tambah Ketua SAR Aceh Utara itu, pada Kamis, 4 Juni kita pasang rambu-rambu perlombaan untuk Fin Swimming dan OBA

“Kita berharap kegiatan ini bisa di agendakan rutin setiap tahun, disamping untuk mempromosikan keindahan bawah laut Sabang, juga untuk melahirkan atlit selam di Aceh yang kita siapkan di ajang international,” demikian Ketua Tim Pelaksana Kegiatan, Dahlan yang akrab dipanggil Chekgu. [Par]

To Top