Kesehatan

Habis Kontrak, Dokter Spesialis Mata di Abdya “Menghilang”

ACEHTERKINI.COM | Dokter Spesialis Mata di Rumah Sakit Umum Teuku Peukan (RSUTP) Aceh Barat Daya (Abdya) kosong. Pasalnya dokter spesialis tersebut telah habis masa kontrak pada bulan Maret 2015 lalu.

Akibatnya sejumlah masyarakat di Abdya kembali mengeluh terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit yang sering disebut Rumah Sakit Korea itu, sebab, tidak sedikit masyarakat yang menderita gangguan kesehatan mata mengurung niatnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, karena tidak adanya dokter spesialis mata.

Nurma, salah seorang warga setempat, Rabu (10/6/2015) mengaku kesulitan ketika hendak memeriksa kesehatan matanya. Menurutnya, pasien yang datang berobat mata tetap dilayani, namun pasien tersebut akan dirujuk ke rumah sakit lain yang tentunya berada di luar Kabupaten Abdya.

Tidak hanya Nurma, pasien lainnya juga kecewa karena tidak bisa dilayani di rumah sakit yang sudah ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Bila dibiarkan kosong dalam waktu yang lama, tentunya akan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat setempat.

“Kalau ada biaya yang cukup tidak masalah bagi kami harus dirujuk ke rumah sakit manapun. Namun faktor keuangan membuat kami tidak mampu mengikuti rujukan itu,” demikian keluhnya.

Secara terpisah, Direktur RSUTP Abdya, Darusman, MKes mengakui kekosongan dokter spesialis dimaksud. Kekosongan itu telah berlangsung sejak Maret 2015 lalu, dokter yang bersangkutan sudah selesai masa kontraknya.

Untuk mengatasi kekosongan pelayanan kesehatan ini, pihaknya akan merujuk pasien ke Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien di Kabupaten Aceh Barat.

“Itu hanya sementara, sambil menunggu dokter yang baru tiba di RSUTP Abdya,” ujarnya.

Darusman menambahkan, saat ini RSUTP Abdya hanya memiliki dokter spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis anak, spesialis syaraf, spesialis kandungan, spesialis THT, spesialis anatesis dan sejumlah dokter umum lainnya.

“Harapan kami dari pihak rumah sakit juga sama dengan apa yang diinginkan masyarakat,” katanya singkat. (Rizal)

To Top