Peristiwa

Diduga Arus Pendek, Tiga Rumah di Lembah Sabil Terbakar

Diduga Arus Pendek, Tiga Rumah di Lembah Sabil Terbakar
Tiga Rumah di Desa Meurandeh Terbakar

ACEHTERKINI.COM | Tiga unit rumah di Dusun Jirat Panyang, Desa Meurandeh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilalap sijago merah, Jum’at (26/6/2015) pukul 12.30 WIB tepatnya menjelang pelaksanaan Ibadah Shalat Jum’at.

Ketiga rumah tersebut terbakar saat ditinggal pemiliknya, beruntung dengan pertolongan warga dan dua unit armada Pemadam Kebakaran (Damkar), api hanya menghanguskan bagian dapur ketiga rumah tersebut hingga ludes.

“Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 13.30 WIB,” kata Camat Lembah Sabil, Usmadi SPd yang dihubungi sedang berada dilokasi kejadian.

Menurut informasi dari warga, lanjut Usmadi, api membakar bagian dapur ketiga rumah tersebut, saat ditinggal pergi pemiliknya, sehingga warga baru mengetahui saat asap tebal mulai keluar dari arah dapur rumah dimaksud.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Banyak barang yang ludes terbakar, seperti pakaian, peralatan dapur dan sejumlah elektronik,” terang Usmadi.

Adapun pemilik rumah tersebut, lanjut Usmadi, atas nama Suarni Salmi (50) yang tinggal bersama 4 orang keluarganya, sementara suaminya sudah lama meninggal. Kondisi serupa juga dialami Asminal Salmi (45) yang sudah lama ditinggali suaminya dan saat ini hidup bersama 6 orang keluarganya.

Terakhir rumah Rabi’atul Adawiyah, wanita 40 tahun ini berprofesi sebagai guru dan saat ini tinggal bersama 6 orang keluarganya, sementara suaminya sedang berada di Malaysia.

Terkait dengan hal itu, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH, melalui Kasat Reskrim, AKP Misyanto, mengatakan bahwa, dugaan sementara penyebab kebakaran karena konsleting listrik atau arus pendek.

“Saat ini kita sedang melakukan proses penyelidikan dilokasi kejadian, untuk hal itu kita sudah mengamankan berupa kabel listrik dan meterannya,” singkat Misyanto.

Mengenai bantuan masa panik, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaketrans) Abdya, Drs Yafrizal, mengaku sudah menyalurkan bantuan tersebut ke lokasi kejadian, masing-masing pihak keluarga mendapatkan 1 kodi Seng dan 10 lembar tiplek, kemudian ditambah dengan sembako. (Rizal)

To Top