Ekonomi

Di Banda Aceh, Potensi Zakat Rp150 Miliar, Terkumpul Hanya Rp 15 Miliar

ACEHTERKINI.COM | Kepala Baitul Mal Provinsi Aceh, Dr. Armiadi Musa mengatakan pengetahuan masyarakat tentang zakat lebih sedikit. Hal ini akan mempengaruhi jumlah pengumpulan zakat di Banda Aceh.

Menurutnya potensi zakat di Provinsi Aceh mencapai Rp1,4 triliun, sedangkan di Banda Aceh penerimaan zakat berpotensi sebesar Rp150 miliar.

“Namun di Kota Banda Aceh hanya berhasil terkumpul sebesar Rp15 miliar per tahun,” ujarnya saat mengisi safari ramadhan di Mesjid Baiturrahman, Lampoh Daya, Kecamatan Jaya Baru, Senin (29/6/2015) malam.

Bersama rombongan yang dipimpin Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal ini, Armiadi Musa mengatakan jika kesadaran masyarakat membayar zakat meningkat, maka jumlah yang terkumpul akan semakin banyak.

Menurutnya, sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat untuk membayarkan zakat hartanya penting dilakukan untuk kemudian menumbuhkan kesadaran membayar zakat.

Meskipun belum mencapai angka sesuai potensi, Armiadi menilai pengelolaan zakat di Banda Aceh sudah sangat bagus, hal ini ditandai dengan berhasilnya Baitul Mal Banda Aceh meraih Zakat Award dari pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

Untuk semakin maksimal kedepannya, Armiadi mengajak warga Banda Aceh mendukung penuh pengelolaan zakat agar kemiskinan semakin berkurang. [Red]

To Top