Ekonomi

Di Abdya Harga Daging Rp170 Ribu, di Banda Aceh Rp140 Per Kilogram

Di Abdya Harga Daging Rp170 Ribu, di Banda Aceh Rp140 Per Kilogram
Hari Meugang Puasa di Abdya, [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Menyambut bulan suci Ramdhan 1436 H di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), harga daging Kerbau pada tradisi meugang (punggahan) mencapai Rp170 ribu per kilogram dan paling rendah sekitar Rp150 ribu.

Pantauan acehterkini, Selasa (16/6/2015), di beberapa lokasi penyembelihan kerbau maupun lembu seperti di kawasan Krueng Beukah Kecamatan Blangpidie, Pasar Tanjung Bunga, Kecamatan Tangan-Tangan, Kecamatan Babahrot, Lapangan Sepak Bola Kecamatan Manggeng, harga daging kerbau dan lembu sejak dibuka pasar musiman itu sekitar pukul 05.00 WIB tetap bertahan dengan harga tertinggi.

Hal itu jauh, bila dibandingkan dengan harga daging di sejumlah kabupaten/kota lain dalam provinsi Aceh.

Meski harga menembus angka Rp.170.000 per kg, minat warga membeli daging meugang tetap tinggi, warga tetap membawa pulang daging meski harga tinggi.

“Salut dengan harga daging meugang di Abdya, sepertinya harga ini merupakan harga tertinggi di seluruh wilayah Aceh,” ungkap Darmi salah seorang pembeli.

Namun dilain sisi ada juga masyarakat yang merasa keberatan dengan harga daging itu, karena dinilai memberatkan masyarakat yang perekonomiannya menengah ke bawah.

“Mungkin saja kenaikan harga secara drastis ini akibat kurangnya pengawasan oleh pemerintah terkait penetapan harga daging per kilogram. Sebab para pedagang dengan leluasa merubah harga daging dalam waktu yang singkat,” papar pembeli lainnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Abdya, kerbau yang disembelih untuk memenuhi kebutuhan hari meugang tersebut, mencapai 210 ekor kerbau, tidak termasuk hewan disediakan sebagai persiapan jika terjadi kekurangan.

Sementara itu harga daging di Kota Banda Aceh mencapai Rp140.000 per kilogram. Bustami, salah seorang penjual daging di Pasar Pagi Ateuk Pahlawan mengatakan satu ekor lembu berat 170 kilogram harganya sudah mencapai Rp20 juta. “Maka kami menjual harga daging lembu Rp140.000 per kilogram,” ujar Bustami.

Harga yang sama juga berlaku di pasar daging lambaro. Namun pagi tadi, Selasa (16/6/2015) harga daging di Lambaro sempat Rp150.000 per kilogram. Kemudian menjelang sore tadi harganya turun menjadi Rp140.000 per kilogram. [Rizal/Edi]

To Top