Ekonomi

Dana Desa Untuk Aceh Barat Daya Mencapai Rp39,8 Miliar

Dana Desa Untuk Aceh Barat Daya Mencapai Rp39,8 Miliar
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah

ACEHTERKINI.COM | Pembangunan gampong (red-desa) harus menjadi perhatian utama pemerintah daerah. Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan dana gampong untuk Kabupaten Aceh Barat Daya berasal dari dua sumber anggaran, yaitu APBN dan APBA.

Pada saat melantik Wakil Bupati Aceh Barat Daya, Senin (8/6/2015), Gubernur Aceh mengatakan dana gampong untuk Kabupaten Aceh Barat Daya tahun 2015 sebesar Rp39.82 miliar.

Zaini merincikan alokasi dari APBN tahun 2015 sebesar Rp35,86 miliar dan sumber dari APBA sebesar Rp3,9 miliar. “Dana ini akan disalurkan untuk 132 gampong di Aceh Barat Daya,” ungkap Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Kata Gubernur, anggaran dari APBA 2015 dalam bentuk program Bantuan Keuangan Peumakmue Gampong (BKPG) yang akan dialokasikan sebesar Rp30 juta per desa.

“Dana ini akan dapat lebih meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat gampong,” harap gubernur.

Gubernur juga berpesan, dalam upaya mengefektifkan penggunaan dana tersebut, Pemkab Abdya harus aktif melakukan pembinaan terhadap SDM Pemerintahan Gampong melalui berbagai kegiatan diklat prioritas yang dialokasikan dalam APBK, sehingga kapasitas aparatur Pemerintahan gampong benar-benar mampu menjalankan amanah Undang-Undang Desa tersebut. [red]

To Top