Sosial

Dana Desa Cair, Wakil Bupati Agara : Waspadai Siapapun Oknum

Dana Desa Cair, Wakil Bupati Agara : Waspadai Siapapun Oknum
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Ali Basrah, S.Pd, MM menghimbau kepala desa agar mewaspadai siapapun oknum yang melakukan pemerasan. Himbau tersebut terkait dengan pencairan dana desa tahap pertama sebesar 40 persen.

Ia menegaskan bila sudah pencairan dana Desa “maka tidak ubahnya seperti gula yang dikerumuni semut”  maka bermacam modus akan datang menjumpai kepala desa. Ada yang mengatas namakan suruhan Bupati, atau Wakil Bupati.

“Bila ada nanti oknum yang mengaku seperti itu maka saya harapkan secepatnya laporkan kepada Polisi atau kepada saya,” kata Wakil Bupati Ali Basrah, Kamis (25/6/2015).
         
“Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Wartawan tidak berhak melakukan pemeriksaan. Kalau ada oknum LSM, Wartawan yang melakukan pemeriksaan maka laporkan kepada Polsek terdekat atau Polres. Karena lembaga tersebut tidak berwenang melakukan pemeriksaan,” kata Ali Basrah lagi.
         
Wartawan maupun LSM hanya berkewajiban melakukan Monotoring dan Evaluasi. ‘Yang berhak melakukan pemeriksaan yaitu auditor internal yaitu pihak Inspektorat dan ada auditor eksternal yaitu BPK atau BPKP yang dibekali surat tugas dari bupati.

Wakil Bupati Aceh Tenggara juga melarang jika ada pihak kepala desa yang melakukan kerjasama upah kerja dengan pihak pendamping desa maka hal itu saya anggap suatu kejahatan yang dilakukan secara kolektif.

“Dana untuk Pendamping sudah kita anggarkan dari Pemda. Sedangkan untuk dana poto copy kita sudah mengantisipasi dengan meningkatkan dana rutin desa,” tambah Ali Basrah. [Dinni]
         
         

To Top