Sosial

Bencana Longsor di Aceh Singkil Luput Perhatian Dari Pemerintah

Bencana Longsor di Aceh Singkil Luput Perhatian Dari Pemerintah
Kondisi Longsor di Gampong Cingkam yang Luput Perhatian Pemerintah Aceh Singkil [Jamaluddin]

ACEHTERKINI.COM | Sekitar sembilan unit rumah penduduk di Gampong Cingkam, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil terancam amblas  ke dalam jurang Bukit Solok gampong setempat.

Sejak musibah longsor pada tahun 2012 hingga saat ini luput dari perhatian pemerintah untuk melakukan penanggulangan terhadap musibah bencana alam tersebut.

“Rumah kami hampir amblas ke jurang, apalagi jika hujan, kami juga sangat menyayangkan sikap pemerintah daerah yang terkesan tidak peduli dengan bencana ini,” ungkap Yusman Monte kepada acehterkini, ketika ditemui di kediamannya, Sabtu (27/6/2015).

Menurut Yusman, jika Pemerintah Aceh Singkil tidak secepatnya menanggulangi permasalahan ini, maka kedepan ini nasib rumahnya dan kedelapan rumah lagi terancam ikut terseret ke dalam jurang bukit solok.

Bencana Longsor di Aceh Singkil Luput Perhatian Dari Pemerintah
Yusman Monte

Kesembilan rumah yang dimaksud Yusman yakni, rumah milik Jamilin, Anti, Tima, Maspuddin, Sudi Cibro, Marjali, Ihsan dan Abdul Halib.

“Sebenarnya, wartawan juga pernah memberitakan kondisi kami, tapi tetap juga tidak ada perhatian dari pemerintah setempat,” jelas Yusman.

Masih dikatakan Yusman, Bupati Aceh Singkil, Kepala BPBD dan Camat pernah meninjau ke lokasi dan melakukan pengukuran, tapi hingga saat ini belum ada perhatian apapun. Konon longsor yang dulunya kecil malah sekarang sudah mulai melebar, akibatnya satu rumah milik Tima hampir amblas hingga yang bersangkutan sudah pindah ke gampong tetangga.

Melalui acehterkini, Yusman berharap adanya kepedulian dari Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil agar segera membuat tanggul pengaman tebing dan parit beton di sepanjang turunan bukit solok. [Jamaluddin]

To Top