Sosial

BBPOM Aceh Temukan Zat Berbahaya Pada Jajanan Buka Puasa

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah tempat yang menjual jajanan buka puasa di Kota Banda Aceh ditemukan zat berbahaya dalam makanan. Hal itu terungkap ketika Badan BPOM Aceh melakukan sidak ke sejumlah tempat, Senin (29/6/2015) sore.

Kepala BBPOM, Syamsuliani langsung didampigi Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal pada Sidak ke tempat jajanan buka puasa di kawasan dalam Kota Banda Aceh.

Dalam sidak itu BBPOM menemukan zat formalin dan rhodamine pada sejumlah makanan berbuka puasa yang dijual pedagang di kawasan Garuda dan Gampong Baro.

BBPOM Aceh Temukan Zat Berbahaya Pada Jajanan Buka Puasa
Wali Kota Banda Aceh Bersama Kepala BBPOM Melakukan Sidak Pada Jajanan Buka Puasa 

Melihat temuan itu, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal berang dan mengancam akan mencari sumber pelaku. “Kita cari sumbernya, kalau produsennya memang orang-orang yang pernah kita bina, sanksinya lebih berat, kita tutup usahanya,” ujar Illiza di lokasi.

Kepada masyarakat, Illiza menghimbau agar hati-hati dalam berbelanja jajanan buka puasa dan mampu membedakan makanan yang mengandung zat-zat berbahaya seperti formalin, rhodamine, boraks dan zat berbahaya lainnya agar terhindar dari penyakit.

“Bekerjasama dengan BBPOM, Sidak ini akan dilakukan secara terus-menerus secara berkala dengan tujuan memberikan perlindungan bagi masyarakat konsumen di Banda Aceh ini dan berharap kesehatannya tetap terjaga dalam melaksanakan ibadah bulan suci Ramadhan ini,” tutupnya. [Red]

To Top