Ekonomi

Awal Puasa, Abdya Banjir Semangka

Awal Puasa, Abdya Banjir Semangka
Ramadhan 1436 H, Abdya Banjir Semangka [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Memasuki dua hari pelaksanaan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriah, sejumlah tempat penjualan buah-buahan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dibanjiri buah semangka.

Tidak hanya di tempat penjualan buah, semangka juga banyak diperjualbelikan oleh para pedagang baik di pasar-pasar bahkan dipinggiran jalan yang dianggap oleh pedagang sebagai lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh pembeli.

Ramli, pedagang semangka Jumat (19/6/2015) mengatakan, buah semangka yang beredar saat ini merupakan hasil panen dari petani lokal. Selain dipasarkan di dalam daerah, buah tersebut juga dipasok ke sejumlah kabupaten/kota lain di Aceh.

“Walau pasokan banyak, harga buah semangka tetap stabil yakni berkisar Rp 2.500 sampai Rp 3.000/Kg. Pembeli yang datang untuk membeli bukan hanya dari Abdya saja. Namun pembeli yang memburu semangka juga ada dari daerah lain seperti Aceh Selatan, Nagan Raya dan kabupaten lainnya,” sebutnya.

Umumnya para petani semangka atau biasa disebut Timon Taiwan (dalam bahasa Aceh) telah memasuki masa panen sepekan sebelum Ramadhan tiba, buah tersebut memang sengaja dipersiapkan para petani sejak awal masa tanam agar dapat dipanen pada bulan Ramadhan. Mengingat kebutuhan semangka pada bulan puasa jauh lebih tinggi dari hari-hari biasa.

Jenis semangka yang ditanam oleh petani sangat variatif, mulai dari semangka kuning hingga semangka biasa.Sedangkan semangka yang paling diminati pembeli yakni jenis semangka biasa dan semangka warna kuning. “Jenis tersebut, semangkanya lebih enak dan lebih banyak dicari pembeli,” katanya. [Rizal]

To Top