Layanan Publik

Antisipasi Ijazah Palsu, Lulusan Unsyiah Akan Dibuat Online

Antisipasi Ijazah Palsu, Lulusan Unsyiah Akan Dibuat Online
Kapolda Aceh dan Rektor Unsyiah Gelar Konperensi Pers terkait Ijazah Palsu, 10 Juni

ACEHTERKINI.COM | Rektor Unsyiah, Samsul Rizal mengatakan ijazah yang telah dipalsukan tersebut sangat jauh berbeda dengan aslinya, baik stempel, kertas, maupun nomornya.

“Sulit disamakan dengan yang asli karena kami telah antisipasi jauh-jauh hari. Mereka menggunakan nomor yang sama seperti kampus kami, tapi namanya beda,” ujarnya dalam komperensi pers di Mapolda Aceh terkait kasus Ijazah Palsu, Rabu (10/6/2015).

Kedepan, untuk mengantisipasi hal ini Unsyiah akan membuat nama-nama lulusan secara online. Tujuannya agar semua lulusan asli maupun bukan bisa terdeteksi.

“Itu juga akan memudahkan kami dalam melakukan pengecekan,” ujar Samsul Rizal dikutip dari situs jpnn tadi.

Sebelumnya pelaku pembuat ijazah palsu Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) diserahkan ke Polda Aceh, Rabu kemarin. Mereka adalah Az, 52, otak tindak kejahatan, dan SB, 42, pencetak dan pembuat ijazah.

Pelaku sudah mencetak 118 lembar ijazah palsu yang dibuat dengan cara disablon. Ijazah itu kemudian diduplikat mengatasnamakan alumnus Unsyiah dengan jurusan ekonomi manajemen dan hukum serta dijual dengan harga Rp 13 juta per lembar.

“Saat ini ijazah itu sudah beredar di masyarakat. Kini kami melakukan pengecekan terhadap pengguna ijazah itu,” kata Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi.

“Kami terus melakukan pendalaman lebih lanjut terkait ke mana sudah mereka edarkan,” demikian Kapolda Aceh. [Red]

To Top