Sosial

Amerika Serikat Bantu IOM 109 Juta Dollar Untuk Rohingya

Amerika Serikat Bantu IOM 109 Juta Dollar Untuk Rohingya
Anne C Richard Kunjungi Pengungsi Rohingya di Kuala Cangkoy. [vivanews]

ACEHTERKINI.COM | Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anne C Richard  Amerika Serikat sangat mendukung upaya yangdilakukan pemimpin di ASEAN dalam meny elesaikan masalah imigran Bangladesh dam Rohingya.

“kami akan terus berkonsultasi dengan pemerintah setempat mengenai solusi dan kebutuhan dana untuk para pengungsi,” ujarnya, Selasa (2/6/2015).

Selanjutnya jelas Anne, Pemerintah Amerika Serikat akan bekerjasama dengan Komisioner tinggi PBB untuk Pengungsi ( UNHR ) dan Organisasi Internasional Migrasi ( IOM ) untuk membahas langkah-langkah berikutnya dalam penanganan pengungsi tersebut.

 “Kita sudah memberikan bantuan tambahan sebesar 3 juta USD dari total 109 juta USD yang sudah diberikan melalui IOM untuk penangganan pengungsi,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf bersama Wali Nanggroe Malik Mahmud Al-Haytar yang mendampingi Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anne C Richard meninjau langsung kondisi pengungsi Rohingya asal Myanmar yang berada di penampungan TPI Kuala Cangkoy, Kecamatan Lapang, Aceh Utara. Selasa (2/6/2015).

Turut serta dalam kunjungan ini, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, perwakilan  Kementerian Luar Negeri Indonesia, Yusron Ambari,  Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib dan sejumlah pejabat tinggi lainya.

Wakil Gubernur Aceh berharap kunjungan ini dapat membantu dan menghasilkan solusi yang terbaik untuk permasalahan pengungsi Rohingya baik di Aceh maupun di tempat lainya.

Menurut Muzakir Manaf, hal yang paling penting saat ini adalah membangun tempat penampungan permanen agar para pengungsi dapat di tampung lebih lama sebelum mendapat solusi yang terbaik untuk mereka.

Pemerintah dan Masyarakat Aceh  berusaha keras untuk menolong pengungsi rohingya. “Aceh pernah merasakan hal yang sama ketika dalam konflik, oleh karena itu kita akan menolong siapa saja yang membutuhkan pertolongan kemanusiaan,” jelas Mualem, panggilan akrab Muzakir Manaf. [Red]

To Top