Ekonomi

Alhamdulillah, Perempuan Pengrajin Daun Nipah Dapat Rp500.000

Alhamdulillah, Perempuan Pengrajin Daun Nipah Dapat Rp500.000
Ruslan M. Daud menyerahkan santunan kepada Aisyah, Pengrajin Daun Nipah

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 20 orang perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai pengrajin daun nipah untuk dijadikan rokok gulung mendapat santunan menjelang Bulan Ramadhan 1436 H/2015.

Bupati Bireuen, Ruslan M. Daud mengatakan bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat khususnya mereka yang mengelola usaha kecil.

“Walaupun nilainya kecil semoga dapat dipergunakan untuk menambah modal usaha,” ujar orang nomor satu yang diusung Partai Aceh Bireuen pada Pemilukada tahun 2012 lalu.

Bantuan ini diberikan kepada 20 perempuan di Desa Pineung Siribee, Kecamatan Samalanga. Santunan itu berjumlah Rp500.000 per orang.

Santunan yang diberikan Bupati Bireuen ini sangat dadakan. Pasalnya Ruslan M Daud sedang meninjau kemajuan pengerukan saluran pembuang di desa pesisir Kecamatan Samalanga, Jum’at  (12/6/2015).

Bupati bersama Kepala Dinas Pertambangan Bireuan dan rombongan melihat Aisyah (50) sedang mengolah daun nipah menjadi daun rokok gulung.

Spontan saja orang nomor satu di Bireuen ini menjumpai Aisyah dan bertanya. Dari tanya-jawab Bupati Bireuen ini, Aisyah dan puluhan temannya mendapat tambahan modal usaha Rp 500.000 per orang.

“Sehari-hari kami hanya berpenghasilan Rp7.500 setelah bagi hasil dengan pemilik daun nipah,” ujar Aisyah sambil mengajari Bupati Bireuen, Ruslan M Daud bagaimana cara memilah daun nipah untuk menjadi bahan rokok. [Tar]

Alhamdulillah, Perempuan Pengrajin Daun Nipah Dapat Rp500.000
Bupati Bireuen sedang belajar bagaimana memilah daun nipah untuk dijadikan bahan rokok

To Top