Layanan Publik

Alat Berat Milik Pemkab Abdya “Asal Tumpuk” Karena Belum Miliki Gudang

Alat Berat Milik Pemkab Abdya "Asal Tumpuk" Karena Belum Miliki Gudang
Alat Berat Milik Pemkab Abdya

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah bahan material dan peralatan lainnya milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tertumpuk begitu saja di halaman belakang dinas setempat. Pasalnya, sejak pertama dibangun, instansi yang membidangi masalah pembangunan fisik itu hingga saat ini belum memiliki gudang penyimpanan yang memadai.

Amatan di lapangan, Kamis (25/6/2015) material-material seperti pipa, besi dan rangka baja jembatan yang merupakan asset daerah itu terjemur di panas matahari, dilain hal termasuk alat berat hanya bisa terpakir sembarang tempat, yakni tepatnya di halaman belakang gedung Dinas PU tanpa ada pengaman.

“Material itu menumpuk begitu saja, alat berat seperti dozer, excavator, buldoser, truk pengangkut material bangunan, grader dan alat-alat lainnya juga diparkir sembarangan, tanpa ada pengaman.
Artinya kendaraan dengan harga mencapai ratusan juta bahkan milyaran itu dibiarkan kehujanan dan berpanas tanpa pelindung,”ujar salah seorang pegawai di dinas itu.

Secara terpisah, Kadis PU Abdya, Rahwadi AR ST mengakui bahwa, dinas terkait hingga saat ini belum memiliki gudang penyimpanan yang memadai untuk menampung seluruh material yang mereka miliki.

“Kalau dibiarkan begitu saja di halaman belakang dinas, tentunya asset ini akan menimbulkan kerusakan serta tidak aman,” tuturnya.

Dikatakan Rahwadi, pada tahun 2013 dan 2014 lalu, pihaknya terpaksa menyewa lokasi dari pihak ketiga untuk menampung sejumlah material tersebut, tetapi menurut Rahwadi, sangat tidak efektif sebab daerah masih sanggup untuk membangun gudang dimaksud.

“Kita pernah mengusulkan gudang itu, tetapi belum terialisasi melalui Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK), dan semoga dalam tahun ini akan kita coba usulkan kembali,” ungkapnya.

Disamping itu, tambah Rahwadi, dengan adanya gudang tersebut, semua bahan material akan terlindungi bukan hanya dari hujan atau matahari saja, tetapi dari segi keamanan juga akan terjamin.

“Kita berharap semoga dapat direalisasi melalui anggaran APBK, akan kita usulkan,” demikian singkatnya. (Rizal)

To Top