Sosial

ACT Bangun 120 Unit Shelter Untuk Rohingya

ACEHTERKINI.COM | Aksi Cepat Tanggap (ACT) memastikan pembangunan shelter untuk Muslim Rohingya di Desa Blang Ado, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara rampung sebelum Ramadhan 1436 Hijriah.

Direktur Program ACT di Aceh Utara, Sri Eddy Kuncoro kepada acehterkini, Sabtu (6/6/2015) mengatakan ada 120 unit shelter beserta fasilitas klinik, sekolah, mushalla dan tempat olahraga dibangun di lokasi pengungsian Rohingya di Blang Ado.

“Kegiatan ini akan rampung sebelum Ramadhan 1436 H,” ujarnya.

Eddy menjelaskan bahan baku pembangunan shelter itu dari material local yaitu jenis kayu, papan dan seng. “Ini juga untuk memberdayakan ekonomi masyarakat setempat, satu unit shelter habiskan Rp35 juta,” ungkapnya.

ACT Bangun 120 Unit Shelter Untuk Rohingya
Peta Shelter Bantuan ACT untuk Rohingya [AMAPR]

Masih dikatakan Eddy, ACT hanya membangun shelter di Aceh Utara. Sedangkan untuk Muslim Rohingya di Langsa itu akan dibangun barak yang didanai oleh pemerintah setempat. “Untuk Aceh Timur belum ada rencana,” ujarnya.

Pengerjaan shelter ini kata Eddy tidak dilelang. “Kita arahkan masyarakat setempat, sebelum Ramadhan sudah bisa ditempati oleh 322 Muslim Rohingya di lokasi Pengungsian Desa Blang Ado, Aceh Utara,” demikian Sri Eddy Kuncoro. [ate]

To Top