Peristiwa

Abrasi, Perkantoran Aceh Singkil dan Rumah Penduduk Terancam Amblas

Abrasi, Perkantoran Aceh Singkil dan Rumah Penduduk Terancam Amblas
Jhonwer Manik, Pemerhati Lingkungan Aceh Singkil

ACEHTERKINI.COM | Pantai di Kampong  Pulau Sarok Kecamatan Singkil kabupaten Aceh
Singkil, kondisinya kini sangat memprihatinkan karena sering mengalami abrasi.

Akibatnya sepanjang pesisir Pantai  Pulau Sarok atau persisnya di daratan di depan kantor Bupati Aceh Singkil ini semakin hari semakin mengalami pengikisan padahal disepanjang pantai telah dipasang batu pemencah ombak.

Hasil pengamatan acehterkini, Senin (22/6/2015), beberapa batang pohon cemara yang berada di sepanjang pesisir Pantai Pulau Sarok ini, satu per satu ikut tumbang akibat terkikis  ombak.

Begitu juga dengan batu Pemecah ombak yang telah dipasang oleh Pemerintah Aceh melalui jasa pihak rekanan pada tahun 2013 itupun ikut terseret arus ombak dan jika air laut mulai pasang besar batu pemecah ombak akan tenggelam sehingga ombak langsung menghantam pesisr pantai.

Jhonwer Manik selaku pemerhati lingkungan melalui acehterkini, mendesak pemerintah Pusat, Pemerintah Aceh begitu juga dengan Pemkab Aceh Singkil untuk dapat secepatnya melakukan upaya-upaya penanggulangan terhadap pengikisan Pantai Pulo Sarok Singkil ini.

Menurut Jhonwer yang akrab disapa dengan sebutan Pidong, jika hal itu tidak secepatnya ditanggulangi dikuatirkan sarana pemerintah seperti Kantor Bupati, kantor dinas dan perumahan penduduk yang ada diseputaran pesisir pantai ini akan terkena dampak dari ganas abrasi pantai dimaksud. [Jamaluddin]

To Top