Hukum

9 Kali Mencuri, AR Warga Babahlok Akhirya Ditangkap Tim Resmob Abdya

 9 Kali Mencuri, AR Warga Babahlok Akhirya Ditangkap Tim Resmob Abdya
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu malam (28/6/2015) sekira pukul 21.30 WIB berhasil menangkap seorang pelaku pencurian berinisial AR,20, warga Desa Babahlok, Kecamatan Blangpidie, kabupaten setempat.

Pelaku ditangkap, setelah Polisi melakukan pengembangan tentang adanya aksi pencurian di salah satu toko milik warga Kecamatan Blangpidie. Dari laporan tersebut, polisi menggunakan trik dengan berpura-pura sebagai pembeli, akhirnya Polisi berhasil menemukan sejumlah barang curian yang digasak oleh pelaku.

Polisi menciduk pelaku ketika sedang santai di pinggir Jalan Trieng Desa Meudang Ara, persisnya dekat salah satu warung bakso di Blangpidie, bersama pelaku polisi mengamankan satu unit Sepeda Motor Jenis Yamaha RX King, kemudian melakukan pengembangan ke rumah pelaku ditemukan barang bukti curian berupa 1 unit Laptop.

“Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolres Abdya sebagai tersangka, selain itu kita juga akan proses si pelaku lebih lanjut,” kata Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH melalui Kasat Reskrim AKP Misyanto, Senin (29/6/2015).

Misyanto menerangkan, pihaknya menerima laporan kasus pencurian itu sekitar sebulan yang lalu, setelah diusut akhirnya pelaku berhasil ditangkap. Dari keterangan pelaku, ternyata dirinya telah melakukan aksi pencurian sebanyak 9 kali dengan lokasi yang berbeda.

Di Kecamatan Blangpidie, pelaku melancarkan aksinya sebanyak 6 kali, yakni di Toko Bangunan Desa Keude Paya, Toko Ponsel Cantika Blangpidie, Ponsel Adek, Ponsel Nagata dan Ponsel Nur Abdya serta salah satu rumah warga di Desa Babahlok, Kecamatan Blangpidie. Untuk 3 kali lagi, pelaku beraksi di Kecamatan Babahrot.

Atas kejahatan yang dilakukan pelaku, lanjut Misyanto, tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian di malam hari, maksimal kurungan paling lama 7 tahun. “Kita akan terus melakukan pengembangan terhadap kasus ini, kemungkinan akan ada tersangka lainnya,”  ujar Misyanto.

Untuk itu, Misyanto, berpesan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi pencurian yang dilakukan oleh oknum tertentu dengan bermodus segala macam cara.

“Kunci pintu rumah anda saat akan melakukan aktifitas, terutama di malam hari, karena pencurian sangat rawan terjadi ketika rumah ditinggalkan kosong, apalagi saat malam,” demikian singkatnya. (Rizal)

To Top