Sosial

Warga Asing Itu Ditemukan Dalam Kondisi Kelaparan

Warga Asing Itu Ditemukan Dalam Kondisi Kelaparan
Ratusan Warga Nyanmar, Bangladesh dan Burma Dikumpulkan di GOR Lhoksukon, Aceh Utara, 10 Mei 2015. [Jamal]

ACEHTERKINI.COM | Ratusan warga negara Burma, Nyanmar dan Bangladesh terdampar di perairan Kecamatan Seunddon, Kabupaten Aceh Utara, pada Minggu (10/5/2015).  Asisten I Setdakab Aceh Utara, Anwar mengatakan ratusan warga Asing ini akan ditempatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Lhoksukon kabupaten setempat.

“Sementara waktu kita tempatkan mereka di GOR Lhoksukon, karena disana kita bisa menyiapkan tempat penginapan serta dapur-dapur,” ujar Asisten I Sekdakab Aceh Utara, Anwar.

Berdasarkan data diperoleh media ini, warga asing yang berjumlah total 469 orang ini terdampar di Gampong Meunasah Sagoe, Kemukiman Blang Geulumpang Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Kini warga asing tersebut sudah dievakuasi ke beberapa titik.

Pada saat ditemukan sebagian besar mereka tidak memakai baju serta kelaparan. Rata-rata kondisi mereka mengalami dehidrasi sedang akibat kekurangan cairan.

Atas dasar kemanusiaan, masyarakat setempat berinisiatif menyumbangkan pakaian serta menyediakan dapur umum bagi korban politik di negaranya itu.

Wasdakim Imigrasi Kota Lhokseumawe, Suhartono mengatakan dari sekian banyak yang terdampar sebagiannya merupakan warga Negara Bangladesh.

Kepala SAR Kota Langsa, Nova saat dihubungi media ini mengatakan ratusan warga asing ini dieksekusi dari perairan Jambo Aye ke kawasan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara, Minggu (10/5/2015) pagi tadi.

“Kita terima laporan dari nelayan dan kapal yang mereka tumpangi tanpa mesin dan terapung-apung di peraiaran,” demikian SAR Kota Langsa. [Jamal]

To Top