Sosial

TNI Ajak Warga Tangkal Paham Radikalisme

TNI Ajak Warga Tangkal Paham Radikalisme
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM Komando Distrik Militer (Kodim) 0105 Aceh Barat, Korem 012 Teuku Umar, Provinsi Aceh melibatkan Kementerian Agama (Kemenag) untuk menangkal paham radikalisme berkembang di masyarakat selama kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-94 2015.

Komandan Kodim (Dandim) 0105 Aceh Barat Letkol Jaka Sutanta di Meulaboh, Sabtu mengatakan, selain itu keterlibatan pihak Kementerian Agama juga dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat kawasan pelaksanaan TMMD Kecamatan pante Ceureumen akan bahaya terorisme dan gerakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“TMMD ke-94 tahun ini di wilayah teritorial kita bukan hanya bersifat program fisik tapi juga non fisik memberikan penyuluhan agama kepada masyarakat tentang bahaya paham radikal, Isis serta terorisme agar masyarakat Aceh dapat waspada,”katanya.

Salah satu sasaran program pembangunan nonfisik tersebut agar masyarakat tidak terpengaruh masuknya paham-paham radikal dan sesat serta memperkuat kerukunan hidup beragama agar ketenteraman dan kedamaian di tengah masyarakat tetap terjaga baik.

Meskipun di wilayah teritorial Kodim 0105 tersebut belum ditemukan adanya paham radikalisme, teroris dan ISIS akan tetapi sangatlah dibutuhkan pandangan pemuka agama Islam sehingga rakyat Indonesia terbenteng dengan kokoh, apalagi masyarakat Aceh yang pernah merasakan hidup dalam masa konflik bersenjata antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah RI.

Dandim Letkol Jaka Sutanta menyatakan, kegiatan lain termasuk penyuluhan wawasan kebangsaan, hukum, pembinaan mental, kamtibmas serta meningkatkan kembali semangat gotong royong masyarakat yang selama ini sudah pudar.

“Kami mengharapkan masyarakat mendukung selama kegiatan karena dengan momen ini kita bersama-sama dapat memperkuat jati diri sebagai bangsa yang kuat dan kerukunan hidup beragama dapat semakin kita tingkatkan,”imbuhnya.

Selain itu TNI-AD selama berada di tengah masyarakat setempat akan bergaul menghidupkan kembali semangat kepemudaan serta edukasi tentang pentingnya menjaga kebudayaan lokal serta pemanfaatan cagar budaya.

Pembukaan TMMD ke-94 2015 di Gampong Lango Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat oleh Danlanud Sultan Iskandar Muda (IM) Kolonel Pnb Paminto BP, turut dihadiri Danrem 012 TU Kolonel Arh Ruruh A Setyawibawa, Bupati H T Alaidinsyah, Wakil ketua DPRK, staf ahli Pangdam Iskandar Muda (IM), unsur muspida, muspika, aparat desa, tokoh agama, pemuda dan masyarakat sekitar. [ant]

To Top