Kesehatan

Tingkatan Pelayanan Kesehatan, Banda Aceh Luncurkan Open Puskesmas

Tingkatan Pelayanan Kesehatan, Banda Aceh Luncurkan Open Puskesmas
Banda Aceh Luncurkan Open Puskesmas

ACEHTERKINI.COM | Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal meluncurkan secara resmi inovasi “Open Puskesmas” Jumat (29/5/2015) di Aula Lantai IV Balai Kota Banda Aceh.

Inovasi ini digagas oleh Koalisi untuk Reformasi Birokrasi (KRB) Banda Aceh bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Banda Aceh, Komisi Informasi Aceh (KIA) dan Ombudsman RI Perwakilan Aceh serta Kemitraan bagi Pembaharuan Tata Pemerintahan di Indonesia (Partnership).

Kepala Dinas kesehatan Banda Aceh, dr Media Yulizar MPH menjelaskan, Open Puskesmas adalah untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik yang transparan, akuntabel, responsif dan inklusif di Kota Banda Aceh.

Menurutnya, ada empat bentuk informasi yang wajib tersedia dan diumumkan Puskesmas, yakni informasi yang berkaitan dengan badan publik, kegiatan dan kinerja, informasi keuangan dan informasi yang diatur dalam undang-undang.

“Jadi nantinya masyarakat bisa mengakses semua informasi yang ada di Puskesmas, kecuali untuk informasi-informasi tertentu seperti medical record seorang pasien,” katanya.

“Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat, jika semakin terbuka, maka semakin kecil peluang untuk terjadinya korupsi,” ujar Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal.

Pada implementasi Open Puskesmas di lapangan nanti, Illiza meminta pihak tenaga medis untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Jangan sampai nanti datanya tidak lengkap, validasi data sangat diperlukan,” katanya.

Turut hadir pada acara tersebut antara lain, Wakil Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Razali Ismail, Asisten Ombudsman Aceh Ayu Parmawati Putri serta perwakilan dari KIA, LSM MaTA dan 11 Puskesmas yang ada di Banda Aceh. [Red]

To Top